Identifikasi Kearifan Lokal/Culturediversity dan Keragaman Hayati/Biodiversity) Rumah Adat Tago, Anjing Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran IPS SD
Abstract
Geopark Ciletuh salah satu wilayahnya terletak di desa Tamanjaya kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Secara geografis desa Tamanjaya terbagi dua wilayah yaitu wilayah daratan dan daratan tinggi dengan laus wilaya 1.372,5 Ha (Tamanjaya, 2015) dan jumlah penduduk 6.500 jiwa (Statistik Daerah, 2015). Keadaan yang demikian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian daerah tersebut, dengan berbagai usaha misalnya UMKM, back packer, industri kreatif, pariwisata dan lain sebagainya, apalagi jika kawasan Tamanjaya dijadikan Geopark oleh UNESCO pada tahun 2020 nantinya.
Namun, potensi yang pada saat ini belum berorientasi dan berkontribusi pada dunia pendidikan seperti media dan sumber pembelajaran di sekolah dasar misalnya seperti materi IPS tentang keadaan alam Indonesia dan keragaman budaya Indonesia.
Pendekatan penelitian menggunakan motode penelitian Kualitatif deskriftif. Media dan sumber bejar dalam penelitian ini diartikan sebagai sarana penunjang dan sarana informasi dalam proses pembelajaran. Batasan media dan sumber IPS SD dalam penelitian ini mencakup; sosial budaya, keanekaragaman hayati dan SDA. Teknik pengumpulan data mengunakan Teknik indepthinterview, dukomentasi dan penelusuran pustaka. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yakni data collection, data reduction, display data, conclution drawing and verification. Hasil penelitian ini menghasilkan penemuan rumah tago’ anjing sebagai media dan sumber pembelajaran
Downloads
References
Association Of Education and Communication Technology (AOECT). (1995). Communicating designin visual communication. London: basford ltd.
Bungin, Burhan. (2003). Analisis data penelitian kualitatif, pemahaman filosofis dan metodologis kearah penguasaan model aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Budiyono. (1998). Metodologi Penelitian Pengajaran Matematika. Surakarta: UNS Press.
Edward, Oneil. (1992). Wilson The Diversity of Life , Harvard University.
Gerlach S. Vernon & Donald P. Ely. (1971). Teaching & Media : A Systematic Approach. New Jersey: Prentice hal- Company.
Hanns, Seidel, (2010). Biodiversity Papper, Paper no.1. Biodiversity Unit – USA Department of the Environment, Sport and Territories. Institute For International Contact and Cooperation; Bali.
Kanisius, Sonny Keraf. (2014). Filsafat Lingkungan Hidup, Alam sebagai Sebuah Sistem Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasim, M. (2008). Materi Pembelajaran IPS SD. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Puskurbuk. (2006). Tujuan kurikulum KTSP dalam pembelajaran IPS. Jakarta: Kemendikbud.
Miyaki, Foster, John Bellamy. (2013). Ekologi Marx; Materialisme dan Alam, terj. Pius Ginting, Jakarta: Walhi.
Pendit, Riadi Sugeng. (2012). Pengantar Pedagogik Transformatif. Jakarta. UHAMKA PRESS.
Santoso S. Hamidjoyo dalam Deni Darmawan. (2001), Computer Mediated Communication dalam Meningkatkan Kualitas output SDM Divlat PT. Telkom. Bandung: Pascasarjana Unpad.
Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sapria. (2008). Pengatar pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.