IMPLEMENTASI LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DARING OLEH GURU DI SMA DAN SMK

  • Dosen Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
  • Dosen Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
  • Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
Keywords: Implementasi, Langkah-langkah, Pembelajaran daring, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi langkah-langkah pembelajaran daring oleh guru di SMA dan SMK Negeri se-Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 117 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan alat pengumpulan data berupa sejumlah pertanyaan dan Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian indikator analisis kebutuhan rata-rata 76,74% dengan kategori baik,  indikator analisis rangka rata-rata 73,08% dengan kategori baik, indikator konsepsi/desain rata-rata 80,55% dengan kategori baik sekali, indikator pengembangan/produksi rata-rata 73,22% dengan kategori baik, indikator implementasi rata-rata 77,19% dengan kategori baik, indikator proses pembelajaran rata-rata 82,92% dengan kategori baik sekali, indikator evaluasi dan optimasi rata-rata 82,41% dengan kategori baik sekali. Dari hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa Implementasi langkah-langkah pembelajaran daring oleh guru di SMA dan SMK Negeri se-Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur sudah dijalankan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hamzanwadi. 2020. Call for Papers (Covid-19). Jurnal Elemen, Vol. 06, No. 2, Hal.1, (http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/issue/view/235/24424226, diakses pada 14 November 2020).
[2] Unicef. 2020. COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Artikel.Online.(https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2020 05/COVID-19-dan-Anak-anak-di-Indonesia-2020_1.pdf, diakses pada 14 November 2020).
[3] Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). Artikel Online. Hasil Seminar. The Progressive and Fun Education Seminar,(https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7868/7 pdf?sequence=1&isAllowed=y/9786023610457, diakses pada 7 November 2020).
[4] Balifaqih, Yusuf dan M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama.
[5] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabet. https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/download/937/725.
[6] Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
[7] Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
[8] Sari, Mega Lia. 2018. Evaluasi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No.2,Hal.5,(https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/download/3624/2400&ved=2ahUKEwiWrIzpwPLvAhVR_XMBHRPsBagQFjAIegQIBhAC&usg=AOvVaw28lYq8fI64gxrqdOimeWUa/25282476,diakses pada 10 April 2021).
[9] Fadhli, Muhammad. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 02, Hal. 2-4, (http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/295/pdf/25805037, diakses pada 29 Maret 2021).
[10] Norotouw OctopinA dan Jan Pieter. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru, dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Distrik Mamberamo Tengah Kabupaten Mamberamo Raya. Jurnal Mapendik, Vol.03,No.01,Hal.1,(https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/MAPENDIK/article/view/864/781,/25806718, diakses 10 April 2021).
[11] Utama, Randu Nang. 2015. Makna Perubahan Organisasional Institusi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan Dalam Perspektif Manajemen. Julnal Edukasi Pendidikan Matematika,Vol.3,No.4,Hal.1,(https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/mipa/article/view/1035/498/25811290, diakses pada 10 April 2021).
[12] Astawa, Ide Bagus Made. 2015. Memahami Kewajiban Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jurnal Media Komunikasi Geografi, Vol.16,No.1,Hal.10,(http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MKG/article/view/10168/6469/02168138, diakses pada 29 Maret 2021).
[13] Susilawati, Rita. 2007. Mengenal Metadata Sebagai Sebuah Alat Investasi Data. Buletin Sumber Daya Geologi, Vol. 2, No. 1, Hal. 3, ( http://buletinsdg.geologi.esdm.go.id/index.php/bsdg/article/view/BSDG_VOL_NO_1_2007_4/25801023, diakses pada 29 Maret 2021).
[14] Yatmini. 2016. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun 2016/2017 di SMP Negeri Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 2, No. 02, Hal. 1-2, (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/108/105&ved=2ahUKEwjgiYe0dbvAhXTX30KHZmRBuQQFjABegQIBxAC&usg=AOvVaw14FoFncELcPT52QAdzyQ5M /24429511, diakses pada 30 Maret 2021).
[15] Farauki Fazri Alfi Nurru, Ena Sukmana. 2018. Implementation Of Digital Asset Management In Bandung Institute Of Technology Library. Edulib, Vol. 8, No.2,(https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/1205/25822182, diakses pada 30 Maret 2021).
[16] Yatmini. 2016. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun 2016/2017 di SMP Negeri Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 2, No. 02, Hal. 1-2, (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/download/108/105&ved=2ahUKEwjgiYe0dbvAhXTX30KHZmRBuQQFjABegQIBxAC&usg=AOvVaw14FoFncELcPT52QAdzyQ5M /24429511, diakses pada 30 Maret 2021).
[17] Kharisma, Nur Novia, Dkk. 2020. Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, Vol. 15, No. 1,.Hal.6,(http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/15174/ 25793950, diakses pada 31 Maret 2021).
[18] Fuadi Marjan Tuti, Dkk. 2020. Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 2, (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1022/pdf&ved=2ahUKEwirgYGTh9_vAhXr5nMBHSqAD3MQFjABegQIBBAG&usg=AOvVaw3TybDmUoWwCe3TgUIfIrPH /25488848, diakses pada 2 April 2021).
[19] Salsabila, Hanifah Unik, Dkk. 2020. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 2,Hal.6,(https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=platform+pembelajaran&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3Du9wts7E2d6IJ/ 27222314, diakses pada 3 April 2021).
[20] Suryani, Erma Yulinda. 2017. Pemanfaatan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 21, No. 2, Hal. 1-5, (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/208618492.pdf&ved=2ahUKEwjIl_68xuPvAhVb8HMBHcppBLMQFjADegQIDRAC&usg=AOvVaw3DsjFFNoflX0qCVmn5EI2v/ 23386061, diakses pada 4 April 2021).
[21] Ahmad, Iqbal Faza. 2020. Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Corona Virus Disease (Covid-19) In Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vol. 07, No. 01, Hal. 12-13, (http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/113/25285793, diakses pada 3 April 2021).
Published
2021-12-31