PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW OLEH GURU SMA

  • Dosen Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
  • Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
Keywords: Penggunaan, Model Pembelajaran Jigsaw, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran jigsaw oleh guru di SMA Negeri 2 OKU. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 2 OKU yang jumlah responden 63 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penggunaan model pembelajaran jigsaw oleh guru di SMA Negeri 2 OKU untuk indikator perencanaan penggunaan model pembelajaran jigsaw berdasarkan data yang diperoleh dari 3 item maka didapat persentase rata-rata 74,2% dengan kategori baik. Penggunaan model pembelajaran jigsaw oleh guru di SMA Negeri 2 OKU untuk indikator pelaksanaan model pembelajaran jigsaw berdasarkan data yang diperoleh dari 7 item maka didapat persentase rata-rata 75,61% dengan kategori baik. Penggunaan model pembelajaran jigsaw oleh guru di SMA Negeri 2 OKU untuk indikator evaluasi model pembelajaran jigsaw berdasarkan data yang diperoleh dari 8 item maka didapat persentase rata-rata 68,79% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran jigsaw oleh guru di SMA Negeri 2 OKU sudah dijalankan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
[2] Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Rusman, 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[4] Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
[5] Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok : Holistica.
[6] Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogyakarta: Ar-ruzz Media.
[7] Ngalimun. 2014. Strategi & Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
[8] Sugiyono. 2018. Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta..
[9] Indah Panca Pujiastuti. Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study, https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/view/96 diakses vol. 2 No. 1, Januari 2016.
[10] Abdul Kadir. Menyusun dan Menganalis Tes Hasil Belajar,https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/411/396 diakses vo. 8 No. 2, Juli-Desember.
Published
2021-12-31