PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING OLEH GURU DI SMK YIS MARTAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran problem based learning oleh guru di SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 orang guru di SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan alat bantu berupa angket. Teknik analisis data menggunakan analisa statistik dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur telah melaksanakan perencanaan kegiatan model pembelajaran dengan baik (78%). (2) Guru SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur telah melaksanakan model problem based learning dengan sangat baik (76%). (3) Evaluasi model pembelajaran problem based learning telah dilakukan dengan baik (77%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rekaptulasi data sebesar 78% dengan kriteria baik. Artinya, pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning telah dilakukan dengan baik oleh guru di SMK YIS Martapura Kabupaten OKU Timur
Downloads
References
[2] Djamarah Bahri Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.PT. Rineka Cipta
[3] Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ruzz Media.
[4] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
[5] Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
[6] Nurgiyantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPTE
[7] Rahardjo & Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
[8] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
[9] Abdul. 2013. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset