PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZCREATOR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Evaluasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare QuizCreator Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Cempaka OKU Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil uji coba, ahli media memberikan nilai 85,3% dengan kategori “Baik”. Ahli desain memberikan nilai 82% dengan kategori “Baik”. Dan ahli materi memberikan nilai 82,1% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden yaitu peserta didik kelas XI IPA semester II diperoleh nilai 81,5% dengan kategori “Baik”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden memperoleh nilai 83,5% dengan kategori “Baik”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 26 orang responden memperoleh nilai 81,7% dengan kategori “Baik”. Maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk media evaluasi pembelajaran ini valid, dan layak untuk digunakan di lapangan.
Downloads
References
[2] Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
[3] Daryanto & Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[4] Aryad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
[5] Purnanto, A. W & Mahardika, A. 2016. Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif Dengan Program Wondershare QuizCreator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Jurnal Warta LPM. Vol. 19 No. 2.
https://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/download/937/725
[6] Putra, Nusa. 2013. Research & Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
[7] Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Anas, Sudijono. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
[9] Tegeh, Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.