IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING OLEH GURU DI SMK NEGERI 2 OKU SELATAN

  • Universitas Baturaja
  • Universitas Baturaja
Keywords: Pembelajaran, Blended Learning, Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning oleh Guru di SMK Negeri 2 OKU Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner dan alat pengumpulan data berupa sejumlah pertanyaan dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada indikator Rancangan Pembelajaran Blended Learning mendapat hasil persentase sebesar 92,11% dengan kriteria Baik Sekali. Pada indikator Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning mendapat hasil persentase sebesar 88,97% dengan kriteria Baik Sekali. Selanjutnya pada Evaluasi Pembelajaran Blended Learning mendapat hasil persentase sebesar 92,08% dengan kriteria Baik Sekali. Dari hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning oleh Guru di SMK Negeri 2 OKU Selatan terlihat dari rata-rata persentasi jawaban pada 3 indikator pertanyaan angket yaitu sebesar 91,25% dengan demikian pembelajaran sudah dijalankan dengan kriteria Baik Sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdhila, Rizka. Dkk. (2015). Penerapan Blended Learning Pada Materi Larutan Penyanggah Di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia Vol. 2, No 3.,(http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/4900, diakses pada 14 Juni 2021).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Oktaria, Sheren, dkk. 2018. Model Blended Learning Berbasis Moodle. Banjar Wangi: Griya Taman Banjarwangi.

Husamah.2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning).Jakarta.Prestasi Pustaka Jakarta.

Husni, Idris. 2011. Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal iqra Vol. 5, No.1.,(https://scholar.google.co.id/citations?user=bEmEYU8AAAAJ&hl=id diakses pada 13 Agustus 2021).

Istiningsih, Siti. dan Hasbullah. 2015. Blended Learning Trent Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen Vol.1, No 1.,(https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/79, diakses pada 14 Juni 2021).

Nailil, Hikmah. dan Chudzaifah. 2020. Blended Learning Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan IslamVol.6,No.2.,(https://jurnaltarbiyah.iainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/84, diakses pada 15 Juni 2021).

Subana, M. dan Sudrajat. 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Ri&D. Bandung: Alfabet.

Susila, H. R., & Qosim, A. (2021). Strategi Belajar dan Pembelajaran: untuk Mahasiswa FKIP (1st ed.; Z. Syahrial, S. Muslim, & C. R. Zahara, eds.). Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Wahyuni, Qoriatul. Dkk. (2020). “Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Di SMA 5 Takalar Kabupaten Takalar”Skripsi diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Wasis, Dwiyogo. (2017). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Waskito, Handoko.(2018).Blended Learning (Teori Dan Penerapannya).Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas: Multimedia Unand.

Widiara, Ketut. 2018. Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Vol.2,

No.2.,(http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/87, diakses pada 14 Juni 2021).

Published
2022-06-30