PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Biologi di kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan adalah model prosedural. Dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus presentase, dari hasil coba, ahli media memberikan nilai 78,23% dengan predikat “Baik” dari skala lima. Ahli desain memberikan nilai 75,8% dengan predikat “Baik” dari skala lima. Ahli materi memberikan nilai 90,36% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala lima. Pada uji coba perorang (one-to-one) dengan 3 objek siswa kelas XI di peroleh nilai 87,18% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala empat. Pada uji coba kelompok kecil (small group) dengan objek 8 orang siswa kelas XI di peroleh nilai 87,14% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala empat. Kemudian uji coba lapangan (field test) dengan objek 26 orang siswa kelas XI di peroleh nilai 86,68% dengan predikat “Sangat Baik” dari skala empat. Hasil uji coba produk menunjukkan tingkat kelayakan produk dengan kriteria baik dan layak untuk kelas XI
Downloads
References
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA. Cv.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Prinda Cinta