PENERAPAN INTERAKSI EDUKATIF OLEH GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN MARTAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan interaksi edukatif oleh guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatf dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan interaksi edukatif oleh guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur untuk indikator tahap sebelum pembelajaran (pre-active) diperoleh rata-rata 77,15% dengan kriteria baik, indikator tahap pembelajaran (interactive) diperoleh rata-rata 79,55% dengan kriteria baik, dan untuk indikator tahap sesudah pembelajaran (post-active) diperoleh rata- rata 87,27% dengan kriteria baik sekali. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan interaksi edukatif oleh guru di SD Negeri Se-Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur sudah dijalankan dengan Baik.
Downloads
References
[7] Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
[6]Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[3],[4],[5]Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.
[11] Rofflin, Edi. Dkk. 2021.Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Jawa Tengah: PT.Nasya Expanding Management (https://books.google.co.id/books/about/POPULASI_SAMPEL_VARIABEL_DALAM_PENELITIA.html?id=ISYrEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=kp_read_button&hl=id&newbks=1&newbks_redir=1&redir_esc=y)