GAYA BELAJAR MAHASISWA BIDIK MISI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS BATURAJA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Gaya Belajar Mahasiswa Bidik Misi Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif, metode atau pendekatan yang digunakan adalah studi kasus (case study) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data berjumlah 18 Mahasiswa Bidik Misi dengan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual diterapkan dengan cara mengamati, memahami dan mencatat poin penting dalam pembelajaran serta mengenali semua jenis warna yang lebih dominan dan memiliki pemahaman yang cukup terhadap artistik. Selain itu, mahasiswa bidik misi perlu membuat catatan dan membuat diri serileks mungkin, karena mahasiswa bidik misi terlalu reaktif terhadap suara dalam belajar sehingga perlu memahami anjuran yang diberikan oleh dosen, lalu dapat menginterpretasikan kata dengan cara menggarisbawahi kata dan mencari arti. Selanjutnya gaya belajar auditorial dengan cara mengulang kembali pelajaran dan mencari poin penting yang terkandung di dalamnya, sehingga dapat dibaca berulang kali. Sedangkan gaya belajar kinestetik dengan cara mencatat serta menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mengamati secara langsung dan mencari makna yang terkandung didalamnya. Serta mampu memanajemen kelompok diskusi dan mampu menggunakan isyarat tubuh dalam pembelajaran. Berdasarkan temuan ini, gaya belajar mahasiswa bidik misi Program Studi Teknologi Pendidikan menerapkan gaya belajar visual dalam belajar.
Downloads
References
Azhari, P. 2017. “Perbandingan Motivasi Belajar Antara Mahasiswa Bidik Misi dan Non Bidik Misi Semester III, V, dan VII di Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram Tahun Akademik 2016/2017”. Mataram: Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram.
Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Deporter, B. & Hernacki, M. 2016. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Erma, V. 2017. Gaya Belajar Visual, (Online), http://catcheighteen-wordpress-com.cdn.ampproject.org/v/s/catcheighteen.wordpress.com/2017/04/21/gaya-belajar-visual diakses 14 November 2020).
Ghufron & Risnawita, R. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harsono. 2008. Model-Model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Peraturan Pemerintah Tentang Perubahan Atas Peraturaan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Pransiska, P., Susila, H. R., & Wijaya, J. E. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Problem terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. 4(1), 228–232.
Ruang Guru. 2020. Visual, Auditorial, Kinestetik, (Online), http://blog-ruangguru-com.cdn.ampproject.org/v/s/blog.ruangguru.com/tiga-gaya-belajar? Diakses 14 November 2020).
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sadikin, A. 2017. Gaya Belajar, (Online), http://alisadikinwear.wordpress.com diakses 14 November 2020).
Sampurno, Y.G., Siswanto, I., & Efendi, Y. 2018. “Karakteristik Mahasiswa Bidik Misi Pendidikan Teknik Otomotif”. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif. Vol. 1 No. 1.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, A.K. 2014. “Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014”. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol.1, No.1.
Sarwenda. 2015. “Gaya Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sungai Are”. Baturaja: Program Pascasarjana Universitas Baturaja.
Subini, N. 2012. Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryadin, A. 2016. Gaya Belajar Si Auditorial, (Online), http://biasyaumifatimah.com/2016/04/09/psikolog-2/ diakses 14 November 2020).
Syah, M. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Takriyuddin, H., Mukmin, Z., & Yunus, M. 2016. “Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah. Vol. 1, No. 1: 49-60.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.
Uno, H.B. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, S. 2016. “Analisi Gaya Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bumi Agung Kabupaten Way Kanan Lampung”. Baturaja: Program Pascasarjana Universitas Baturaja.
Wahyudi, W. 2016. “Gaya Belajar Mahasiswa”. Alqalam. Vol. 33, No. 1.
Wahyuni, Y. 2017. “Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta”. JPPM. Vol. 10 No. 2.