MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK

  • UIN Sultan Thaha Syaifuddin, Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kerinci
Keywords: Problem Posing, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan Model Problem Posing (PPos) dalam rangka meningkatkan pretasi belajar Aqidah Akhlak siswa Kelas VII-B MTs Negeri 6 Kerinci pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Permasalahan yang muncul adalah apakah dengan penerapan Model Problem Posing (PPos) dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII-B MTs Negeri 6 Kerinci pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa Kelas VII-B MTs Negeri 6 Kerinci pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020, untuk melihat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan ditetapkan bila minimal terdapat 75% siswa mencapai ketuntasan belajar setelah diterapkan Model Problem Posing (PPos). Berdasarkan hasil analisis diperoleh informasi  bahwa ada peningkatan prestasi. Peningkatan itu ditunjukkan dengan: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,75 dan pada siklu siklus II adalah 8,53; (2)ketuntasan belajar siswa pada siklus I, ada 8 siswa atau 50,00%  tuntas belajar dan yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa atau 50,00%; serta (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 50,00% dan pada siklus II mencapai 100,00%. Ini berarti uji kompetensi/ hasil evaluasi pada siklus II lebih baik dibandingkan siklus I, dan juga sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,S.2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Badawi. (2019). Pendidikan karakter dalam pembentukan kahlak mulia di sekolah. Prosiding SEMNASFIP, 207–218.

Bali, M. M. E. I., & Masulah, I. (2019). Hypnoteachingg: Solusi Siswa Learning Disorder. At-Turats, 13(1), 89.

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45.

Ismail SM. 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PIKEM. Semarang. RaSAIL Media Group.

Juano, A., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 46.

Kharisma Widya Agustin, N., & Sa’dijah, C. (2021). Penerapan pembelajaran matematika melalui problem posing-stad untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 1 Dampit. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(9), 728–738.

Mahrus, A. (2013). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran Dalam Psikologi Pendidikan Dipelajari Beberapa Gejala Kesulitan. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 263–294.

Nurhayati. (2014). Akhlak Dan Hubungannya Dengan Aqidah Dalam Islam Nurhayati 1. Mudarrisuna, 4(2), 289–309.

Supriyanto, & Setiawati, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah (Siswa Kelas X Ips Sma Muhammadiyah 1 Metro Dalam Materi Manusia Purba Di Indonesia). Jurnal Swarnadwipa, 2(1), 27–44.

Trubus Raharjo, Fajar Kawuryan, L. Nu. A. (2011). Identifikasi Learning Disability Pada Anak Sekolah Dasar. Sosial Dan Budaya, 4(2), 136–142.

Zabir, M. (2017). Manajemen Pendistribusian Zakat Melalui Program Unggulan Beasiswa Oleh Baitul Mal Aceh. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(1), 131.

Published
2022-12-27