PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA

  • Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
  • Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
  • Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja
Keywords: Pengembangan, E-modul, Sigil, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar E-Moduldengan Menggunakan Aplikasi Sigilpada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 OKU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model Rowntreedengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, dari prototipe yang dihasilkan, kemudian  Ahli desain memberikan nilai 80,1% dengan kategori “Baik” sedangkan ahli media memberikan nilai 82,3% dengan kategori “Baik”, dan Ahli materi memberikan nilai 87,5% dengan kategori “Baik”. Sedangkan Pada uji coba perorangan (one-to-one) dengan objek penelitian 3 orang respondenkelas X MIPA 1 diperoleh nilai 77% dengan kategori “Baik” kemudian Pada uji kelompok kecil (small group)dengan objek penelitian 6 orang respondenkelas X MIPA 1 diperoleh nilai 76,9% dengan kategori “Baik” dan uji lapangan (field test) dengan objek 24 orang respondenkelas X MIPA 1 diperoleh nilai 79% dengan kategori “Baik”.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang bahan ajar e-modul maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk bahan ajar e-modul ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar peserta didik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri Negeri 3 OKU. Saran peneliti sebaiknya  guru dapat menggunakan bahan ajar yang berbasis IT sehingga peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan dan motivasi belajar lebih meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
[2] Warsita,bambang.2008.teknologi pembelajaran.jakarta:rineka cipta
[3] Prastowo, Andi.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
[4] Agustina, Nora. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Aktip.
[5] N. Agustina, L. Pebriantika, and A. Qosim, “The Development of Module on Subject of Simple Media and Digital Printing at Baturaja University,” vol. 422, no. Icope 2019, pp. 83–85, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.200323.095.
[6] Sugiyono.2015.metode penelitian pendidikan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan Rn D. Bandung:Alfabeta. Sani, Ridwan Abdullah, dkk. 2018. Penelitian Pendidikan. Tangerang : Tira Smart.
[7] Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
[8] Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
[9] Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE.
Published
2022-12-27