PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar E-Moduldengan Menggunakan Aplikasi Sigilpada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 OKU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model Rowntreedengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, dari prototipe yang dihasilkan, kemudian Ahli desain memberikan nilai 80,1% dengan kategori “Baik” sedangkan ahli media memberikan nilai 82,3% dengan kategori “Baik”, dan Ahli materi memberikan nilai 87,5% dengan kategori “Baik”. Sedangkan Pada uji coba perorangan (one-to-one) dengan objek penelitian 3 orang respondenkelas X MIPA 1 diperoleh nilai 77% dengan kategori “Baik” kemudian Pada uji kelompok kecil (small group)dengan objek penelitian 6 orang respondenkelas X MIPA 1 diperoleh nilai 76,9% dengan kategori “Baik” dan uji lapangan (field test) dengan objek 24 orang respondenkelas X MIPA 1 diperoleh nilai 79% dengan kategori “Baik”.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang bahan ajar e-modul maka dapat peneliti simpulkan bahwa produk bahan ajar e-modul ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar peserta didik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri Negeri 3 OKU. Saran peneliti sebaiknya guru dapat menggunakan bahan ajar yang berbasis IT sehingga peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan dan motivasi belajar lebih meningkat.
Downloads
References
[2] Warsita,bambang.2008.teknologi pembelajaran.jakarta:rineka cipta
[3] Prastowo, Andi.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
[4] Agustina, Nora. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Aktip.
[5] N. Agustina, L. Pebriantika, and A. Qosim, “The Development of Module on Subject of Simple Media and Digital Printing at Baturaja University,” vol. 422, no. Icope 2019, pp. 83–85, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.200323.095.
[6] Sugiyono.2015.metode penelitian pendidikan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan Rn D. Bandung:Alfabeta. Sani, Ridwan Abdullah, dkk. 2018. Penelitian Pendidikan. Tangerang : Tira Smart.
[7] Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
[8] Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
[9] Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE.