IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK OLEH GURU SMP NEGERI SE-KABUPATEN OKU TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Penilaian Autentik oleh Guru SMP Negeri 1 Martapura dan SMP Negeri 2 Martapura Kabupaten OKU Timur.Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.Populasi penelitian guru di SMP Negeri 1 Martapura dan SMP Negeri 2 Martapura Kabupaten OKU Timur berjumlah 98 orang.Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner dengan 24 butir pertanyaan.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian Penilaian Autentik oleh Guru SMP Negeri 1 Martapura dan SMP Negeri 2 didapat indikator mengidentifikasi standar penilaian diperoleh rata-rata 90,90% dengan kategori baik sekali, indikator memilih suatu tugas autentik diperoleh rata-rata 85,58% dengan kategori baik, indikator mengidentifikasi kriteria untuk tugas (taks) diperoleh rata-rata 82,32% dengan kategori baik, dan indikator mencipatakan standar kriteria atau rubric (rubrics) diperoleh rata-rata 83,7% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi penilaian autentik oleh guru SMP Negeri 1 Martapura dan SMP Negeri 2 Martapura Kabupaten OKU Timur sudah dijalankan dengan baik.
Downloads
References
[2] Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
[3]Rudi & Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
[4]Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[5]Arifin, Zainal 2012. Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[6] Rosalina, Elin. (2008). Gagasan merancang pembelajaran kontektual. Bandung:
PT Karsa Mandiri Persada..
[7] Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[8],[10],[12],[14] Nisrokha, Autentik Assessment (Penilaian Otentik)Jurnal madaniyah, Vol.8 Nomor 2 Edisi Agustus 2018
https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/download/84/67/.
Diakses 10 Februari 2022. Pukul 22:00
[9],[11],[13],[15]Maryam, Siti. 2014. Penerapan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.Skripsi.Yogyakarta : UNY