IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KAPASITAS (CAPACITY BUILDING) GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN MUARADUA
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang implementasi pengembangan kapasitas (capacity building) Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian mengenai implementasi pengembangan kapasitas (capacity building) Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan dapat diambil kesimpulan bahwa telah berjalan dengan baik dilihat dari fase persiapan implementasi pengembangan kapasitas (capacity building) diperoleh rata-rata sebesar 58,28% dengan kriteria cukup; pada fase analisis diperoleh rata-rata sebesar 71,28% dengan kriteria baik; fase perencanaan diperoleh rata-rata sebesar 86,66% dengan kriteria baik sekali; fase implementasi, diperoleh rata-rata sebesar 64,40% dengan kriteria cukup; fase evaluas diperoleh rata-rata sebesar 87,14% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil pembahasan maka penulis mengemukakan saran bahwa perlunya mempersipakan fase perencanaan yang lebih baik guna bermanfaat untuk mementukan dan menjelankan pengembangan kapasitas (capacity building) berikunya dan dalam pelaksanaan pengembangan kapasitas harus mempersiapkan sumber daya yang ada dan sesuai dengan jadwal yang tersedia
Downloads
References
[8]Rusman, 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
[3],[8],[9],[7],[10] Susanto, Ahmad. 2013. Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta:Kencana
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung : Alfabeta.
[1],[2] Syah, Muhbin. 2015. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
[6]Notoatmodjo,S.2009. pengembangan Sumber Daya Manusia .Jakarta:Rineka Cipta
Trianto. 2012. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Prograsif Konsep, Landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).PT.Fajar Interpratama Mandiri. Surabaya
[13]Nasution. 2011. Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di MTsN Pucanglaban Dan MTsN Bandung Tulungagung). Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
[11] Retnawati, dkk. 2015. Pengembangan Kapasitas (Capacity building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jombang. Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang. Diakses pada hari Senin, 16 Agustus pada hallaman http://.studentjournal.ub.ac.id