Implementasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu memperoleh gambaran, menjelaskan, dan menganalisis implementasi game edukasi dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Negeri 3 Tegalpanjang Kecamatan Sucinaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan game puzzle untuk pengenalan nama-nama buah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menentukan lokasi di SDN 3 Tegalpanjang Jalan Tegalpanjang Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut. Hasil penelitian ini menujukkan kesesuain dengan tahap perancangan suatu aplikasi games, serta menunjukkan pengaruh terhadap proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi ini dinyatakan cukup baik dan layak, serta memberikan pengaruh dalam proses belajar karena cukup membuat siswa antusias, senang dan puas, serta merasakan keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran.
Downloads
References
[2] Sulaeman, L., Teori Permainan. https://www.academia.edu/37192965/TEORI_PERMAINAN. diakses online pada Desember 2019.
[3] Nilwan, A., Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2010.
[4] Hurd, D., dan Jenuings, E., 2009, Standarized Educational Game Ratings: Suggested Criteria, http://www.scribd.com/doc/16445410/EducationalGame-Ratings, diakses online pada Desember 2019.
[5] Depdikbud.. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 2003.
[6] Hamalik, O. . Media Pendidikan. Bandung : Transito Alumni.1980