Implementasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar

  • UPT Pendidikan Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut
Keywords: Implementasi, game edukasi, pembelajaran

Abstract

Tujuan  yang dicapai dalam penelitian ini yaitu memperoleh gambaran, menjelaskan, dan menganalisis implementasi game edukasi dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Negeri 3 Tegalpanjang  Kecamatan Sucinaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan game puzzle untuk pengenalan  nama-nama buah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menentukan lokasi di SDN 3 Tegalpanjang Jalan Tegalpanjang Kecamatan Sucinaraja Kabupaten Garut. Hasil penelitian ini menujukkan kesesuain dengan tahap perancangan suatu aplikasi games, serta menunjukkan pengaruh terhadap proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi ini dinyatakan cukup baik dan layak,  serta memberikan pengaruh dalam proses belajar karena cukup membuat siswa antusias,  senang dan puas,  serta merasakan keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Reigeluth, C.M & Chellman, A.C.,Instructional-Design Theories and Models Volume III, Building a Common Knowledge Base. Taylor & Francis. New York. 2009, p 77.
[2] Sulaeman, L., Teori Permainan. https://www.academia.edu/37192965/TEORI_PERMAINAN. diakses online pada Desember 2019.
[3] Nilwan, A., Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2010.
[4] Hurd, D., dan Jenuings, E., 2009, Standarized Educational Game Ratings: Suggested Criteria, http://www.scribd.com/doc/16445410/EducationalGame-Ratings, diakses online pada Desember 2019.
[5] Depdikbud.. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 2003.
[6] Hamalik, O. . Media Pendidikan. Bandung : Transito Alumni.1980
Published
2019-12-15