Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Peripheral And Troubleshoot Di Universitas Baturaja
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Kuliah Peripheral and Troubleshoot Semester II Universitas Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah metode prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil uji coba, ahli media memberikan nilai 87% dengan kategori “Baik Sekali”. Ahli desain memberikan nilai 78% dengan kategori “Baik”. Dan ahli materi memberikan nilai 76% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba produk skala perorangan dengan objek penelitian 3 orang responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.1 pada mata kuliah Peripheral and Troubleshoot diperoleh nilai 89,75% dengan kategori “Baik Sekali”. Uji coba kelompok kecil dengan objek penelitian 6 orang responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.1 pada mata kuliah Peripheral and Troubleshoot memperoleh nilai 86,40% dengan kategori “Sangat Baik”. Kemudian dilakukan uji coba skala besar dengan objek penelitian 23 orang sebagai responden yaitu mahasiswa semester II kelas A.2.2 pada mata kuliah Peripheral and Troubleshoot memperoleh nilai 80,16% dengan kategori “Baik”. Data hasil penelitian dianalisia dengan menggunakan rumus persentase. Hasil perolehan data uji coba produk menunjukkan tingkat kelayakan produk dalam kriteria “Baik”. Saran peneliti sebaiknya seorang dosen dapat menggunakan media pembelajaran sehingga mahasiswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan dan motivasi belajar menjadi lebih meningkat.
Downloads
References
[2] Darmawan, Deni. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
[3] Safaat, Nazruddin. (2015). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
[4] Putra, Nusa. (2013). Research & Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
[5] Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[7] Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor. Ghalia Indonesia.