Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Drill Pada Mata Pelajaran Fiqih
Abstract
Jenis penelian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan dan dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis komputer model drill pada mata pelajaran Fiqih di kelas vii MTs Nahdlotul Muslimin.Model pengembangan yang digunakan model Setyosari adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakanrumus persentase, dari hasil uji coba, Ahli Media memberikan nilai 79,125% dengan kategori “Baik” dari skala lima, Ahli Desain memberikan nilai 79,9% dengan kategori “Baik” dari skala lima, Ahli Materi memberikan nilai 81,6% dengan kategori “Baik” dari skala lima. Pada uji coba produk Skala Perorangan 82,76% dengan kategori “Baik” dari skala empat, Skala Kecil 82,83% dengan kategori “Baik” dari skala empat dan Skala Besar 83,65% dengan kategori “Baik” dari skala empat.Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli desain, ahli materi, skala perorangan, skala kecil dan skala besar dapat dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan adalah baik dengan kriteria yang diharapkan dan dapat disimpulkan bahwa produk layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran karena mampu menyajikan materi ajar yang menarik dan menyenangkan.
Downloads
References
[2] Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
[3] Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Prinda Cinta.
[4] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
[5] Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[6] Tegeh Made. Jampel. Nyoman., Putjawan. Ketut. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[7] Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM