Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Prasekolah
Abstract
Bahasa memiliki peranan yang sangat fundamental pada kehidupan seseorang. Tanpa bahasa seseorang akan sangat kesulitan dalam menyampaikan ide, pendapat, gagasan, bahkan perasaan pada orang lain baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. Usia dini merupakan masa potensial (golden age) dalam perkembangan bahasa, oleh sebab itu usia dini merupakan masa yang paling tepat dalam mengajarkan bahasa pada anak karena termasuk dalam periode tumbuh kembang anak. Pentingnya kemampuan bahasa sejak dini mengharuskan adanya upaya dalam pemaksimalan pembelajaran bahasa sejak dini khususnya pada masa prasekolah anak. Media pop-up book dapat menjadi alternatif media dalam memaksimalkan kemampuan bahasa anak sejak usia prasekolah. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penggunaan POP-UP BOOK dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak prasekolah. Meningkatnya kemampuan berbahasa anak usia prasekolah berdasarkan nilai thitung pada output menunjukkan angka 13,582 ini berarti terjadi Peningkatan. Dengan db = n – 1 diperoleh db =19 pada taraf signifikan 5% maka didapatkan ttabel =2,093 Dari hasil korelasi antara pretest dengan posttest, menghasilkan angka korelasi 0,913 dengan nilai probalibilitas di bawah 0,05 (nilai signifikan output analisis 0.000). Hal ini menyatakan bahwa korelasi antara rata-rata pretest dengan rata-rata posttest kemampuan berbahasa anak usia prasekolah adalah kuat dan signifikan
Downloads
References
Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pengembangan
Fisik/Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Darjowidjojo, S. 2010. Psikolinguistik: Pengatar
Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Dwi, Yuniarti Tiara. 2014. Pengaruh Metode Glenn
Doman Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Di Tk Ladas Berendai Prabumulih. Jurnal Keperawatan Sriwijaya ISSN 2355-5459 Vol.01 No.01.
Fatchul Mubarok Febrianto Muhammad. et al. 2014.
Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 Sdnu Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Jurnal Seni Rupa Unesa ISSN 146-153 Vol.2 No.3.
Hanifah, Umi Tisna. 2014. Pemanfaatan Media
Pop up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). Jurnal Unnes ISSN 2252-6382.
Kusrianto SI. et al. 2016. Keefektifan Model
Pembelajaran Core Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas Viii Pada Aspek Representasi Matematis. Jurnal Unnes ISSN 2252-6927 Vol.5 No.2.
Lismayanti, Meri. et al. 2016. Pengembangan Buku
Pop Up Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Crustacea Untuk Sma Kelas X. Jurnal Universitas Jambi ISSN 0852-8349 Vo. 19 No.01.
Nugraha, Syafroni Roni. 2016. Panjang Rata-rata
Tuturan Anak Usia 2 Tahun 7 Bulan dalam Bingkai Teori Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Pendiikan Unsika ISSN 2338-2996.
Rahmatul, Azkiya Nur. 2016. Pengaruh
Mendengarkan Dongeng Terhadap Kemampuan Bahasa pada Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi UMM Malang ISSN 2301-8267 Vol.04, No.02.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif dan R & D. CV Alfabetha: Bandung.
Suryani, Novita Sari. 2016. Pengaruh Kegiatan
Sosiodrama Terhadap Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Jurnal FPK UIN Surabaya ISSN 2087-3441 Vol.07 No.02.
Soetjiningsih, 2008. Perkembangan Anak dan Permasalahannya. In: Narendra MB, Sularyo TS, Soetjiningsih, editors. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: Sagung Seto.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.