PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KARAKTER DI SMP NEGERI 41 OKU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang pelaksanaan pembelajaran karakter di SMP Negeri 41 OKU. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Sumber data pada penelitian ini adalah guru SMP Negeri 41 OKU. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 41 Kabupaten Ogan Komering Ulu yang terdiri dari 26 orang guru. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan distribusi frekuensi relatif. Berdasarkan analisis penelitian penulis menyimpulkan bahwa pada kegiatan pendahuluan guru di SMP Negeri 41 OKU telah memperhatikan langkah-langkah dalam penerapannya. Pelaksanaan pembelajaran karakter pada kegiatan inti di SMP Negeri 41 OKU sudah diterapkan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran karakter pada kegiatan penutup di SMP Negeri 41 OKU sudah diterapkan dengan baik. Secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran karakter di SMP Negeri 41 OKU termasuk kategori baik sekali. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai yang diperoleh seluruh guru yaitu 93.23%.