PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA

  • Radias Chaniago STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Yesi Permata Sari STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Sri Wahyuni STKIP Muhammadiyah Pagaralam
Keywords: Pemahaman Membaca, Contextual Teaching, Pembelajaran Teks Narasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah Contextual Teachingand Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Metode relevan dengan menggabungkan data-data yang relevan sesuai dengan yang diteliti. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari jurnal, artikel, tesis atau sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian terdahulu, setelah melaksanakan pre-test dan post-test dapat ditunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan dan semangat belajar memotivasisiswa di kelas menuju pemahaman membaca, khususnya di dalam teks narasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blakeley, S. (2022, march). What is Reading? - Definition & Process. Retrieved from study.com:https://study.com/academy/lesson/what-is-reading-definition-process.html

Dewi, L., & Dwikoranto. (2021). Analisis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Metoda Library Research. PENDIPA Journal of science Education, 5(2), 237-243.

Febriyanti, P. (2017). The Correlation between Reading Comprehension and Students' Ability in Answering Cloze Test of The Seventh Grade Students at SMP N 1 Kalipuro Banyuwangi in the 2014/2015 Academic Year. Language and Art Journal, 1(02), 35-47.

Johnson, E. B. (2022). Contextual Teaching and Learning; Why It Is and Why It Is Here to Stay. United States of America: Corwin Press.

Kintsch, W. (2008). The role of knowledge in discourse comprehension: A construction-integration model. Psychological Review, 95(2), 163-182.

Leipzig, & Henry, D. (2001, january). What is Reading. Retrieved from Reading Rockets: https://www.readingrockets.org/topics/about-reading/articles/what-reading

Oktiyaningsih, I., & Hakim, M. I. (2019). “The use of CTL model on reading comprehension for The Eleventh Grade Students at M Pekuncen Banyumas. Dialektika Journal, 7(1), 76-89.

Refai. (2013). ENHANCING THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). PROMISE: Journal of English Education and Applied Linguistics, 2(2), 127-135.

Snow, C. (2002). Reading for Understanding: Toward an R&D Program in Reading Comprehension. Santa Monica, CA: Rand Corporation.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahira, S. (2023, September 22). Teks Naratif: Pengertian, struktur, jenis, dan Contohnya. Retrieved from Berita dan Informasi: https://umsu.ac.id/berita/teks-naratif-pengertian-struktur-jenis-dan-contohnya/

Syahputri, D., & Mariyati, P. (2019). Improving Students' Achievement in Reading Comprehension by Applying Contextual Teaching and Learning. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 58-69.

Utami, N., Yahrif, M., Rosmayanti, V., & Siradjuddin, S. (2022). THE EFFECTIVENESS OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IMPROVING STUDENTS' READING COMPREHENSION. JOLLT Journal of Language and Language Teaching, 11(1), 83-93.

Published
2024-01-19