PENGGUNAAN APLIKASI WORD WALL DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS
Abstract
Wordwall adalah aplikasi menarik di browser. Aplikasi ini khusus ditujukan sebagai sumber belajar, media dan alat penilaian yang menyenangkan siswa. Di dalam halaman wordwall juga memberikan contoh kreasi guru agar pengguna baru mendapat gambaran tentang apa itu kreativitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengulas Aplikasi Word Wall dalam pengajaran EFL meningkatkan kemampuan menulis. Wordwall menyediakan berbagai jenis permainan dan aktivitas yang menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Hal ini dapat membantu meningkatkan prestasi menulis siswa.
Downloads
References
Alisha, F., Safitri, N., Santoso, I., & Siliwangi, I. [2019]. Kesulitan siswa dalam menulis EFL. Jurnal Profesi Pendidikan Bahasa Inggris , 2 [1], 20-25.
Anwar, N., & Riadi, I. [2013]. Analisis Arsitektur Client Server Menggunakan Database Terpusat [Studi Kasus pada SMP Muhammadiyah Purwodadi [Sartika, 2017][Purworejo][Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan].
Fithriyah, K., Arif, M., & Ningsih, P. R. [2019]. Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap. Jurnal Ilmiah Edutic, 39-45.
Flower, L., & Hayes, J. R. [1981]. A cognitive process theory of writing. College composition and communication, 32[4], 365-387.
Hadley, A. O., & Reiken, E. [1993]. Teaching Language in Context, and Teaching Language in Context--Workbook. Heinle & Heinle Publishers, International Thomson Publishing Book Distribution Center, 7625 Empire Drive, Florence, KY 41042.
Halik, I. [2020]. Membuat Game Edukasi Dengan Wordwall.
Jasmine, J., & Schiesl, P. [2009]. Pengaruh kegiatan dinding kata dan dinding kata terhadap kefasihan membaca siswa kelas satu. [4], 5.49, Reading Horizons: Jurnal Literasi dan Seni Bahasa
Mazelin, N., Maniam, M., Jeyaraja, S. S. B., Ng, M. M., Xiaoqi, Z., & Jingjing, Z. [2022]. Using wordwall to improve students’ engagement in esl classroom. International Journal of Asian Social Science, 12[8], 273-280. [Fithriyah, Arif, & Ningsih, 2019]
Mohammad, T., & Hazarika, Z. [2016]. Kesulitan belajar EFL di KSA: Keterampilan menulis dalam konteks. Jurnal Internasional Linguistik Inggris , 6 [3], 105-117.
Rindiantika, Y. [2022]. Motivasi Belajar Siswa dan Pemanfaatan Media Word Wall: Kajian Teori. Intelegensia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7[2], 93-102.
Sadeq, T. M., Akbar, R. S., Taqi, H. A., & Shuqair, K. M. [2015]. EFL writing student’s perception of the effect of diary writing. International Journal of English Language Teaching, 3[2], 54-63.
Sartika, R. [2017]. Implementing Word Wall Strategy In Teaching. Journal of English and Education, 179-186.