MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SD

  • Etikha Yusfita Guru SD Negeri 37 OKU
Keywords: Hasil Belajar, Metode Card Sort, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan Model Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar Matematika Materi KPK dan FPB di kelasĀ  IV SD Negeri 37 OKU tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa. Prosedur pelaksanaan tindakan berupa siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan 2 siklus, didapat peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM 65 untuk pengetahuan dan 65 keterampilan. Peningkatan hasil belajar terlihat pada siklus I nilai ketuntasan 61,53% untuk nilai pengetahuan dan Daya serap 70,38% pada nilai keterampilan ketuntasan 61,53% dan Daya serap 72,30%. Pada siklus ke-2 meningkat lagi menjadi 92,30% untuk pengetahuan dan Daya Serap 82,69% untuk keterampilan ketuntasan 92,30% dan Daya serap 83,84% untuk keterampilan dengan demikian tercapai target yang diinginkan yaitu ketuntasan secara klasikal 85% dan Daya serap 75%.Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Card Sort dapat memperbaiki proses pembelajaran dengan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 37 OKU dan dapat meningkatkan keaktifan dan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Uno, Hamzah. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[2] Yusuf Aditya, Dedy. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil belajar Siwa. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016. Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta PGRI.
[3] Rustianti Syari, Ai. 2019. Pengembangan Metode Card Sort dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segitiga. Jurnal Wahana Pendidikan Vol 6. No 2 Agustus 2019.
[4] Sri Hartati, Maria. 2019. Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/3061/2629
[5] Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
[6]-[7] Silberman. L. M. 2006. Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.
[8] Wiriaatmadja, Rochiati. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
[9] Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-06-01