IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH GURU DI MAN 1 OKU

  • Yelmi Yunarti Dosen Universitas Baturaja
  • Rindya Rahma Mahasiswa Universitas Baturaja
Keywords: Hasil Belajar, Implementasi, Pendidik, Standar Penilaian

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi standar penilaian hasil belajar siswa oleh Guru di MAN 1 OKU. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 67 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, indikator standar perencanaan penilaian hasil belajar diperoleh rata-rata 93,78% dengan kategori baik sekali, indikator standar pelaksanaan penilaian hasil belajar diperoleh rata-rata 79,78% dengan kategori baik, indikator standar pengolahan dan pelaporan penilaian hasil belajar diperoleh rata-rata 94,46% dengan kategori baik sekali dan untuk indikator standar pemanfaatan  penilaian hasil belajar diperoleh rata-rata 84,7% dengan kategori baik sekali. Maka dari itu hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa implementasi standar penilaian hasill belajar siswa oleh Guru di MAN 1 OKU masuk pada kriteria baik sekali dengan persentase 88,18%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mudyahardjo, Redja. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
[2] Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[3] Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[4] Muchlison, Adib. 2022. “Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pada Guru Bidang Studi SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan. Vol.2, No.1 (2022):[1-10].
[5] Hermawati, dkk. 2018. “Proses Pelaksanaan Remedial Teaching Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik”. Sosiohumaniora: Jurnal LP3M. Vol.4, No.2 (2018):[102-106].
[6] Mustopa, Ahmad, dkk. 2020. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.9, No.1 (2020):[24-29].
[7] Utomo, Prawido, dkk. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMP PGRI 174 Cikupa”. Jurnal Sisfotek Global. Vol.8, No.1 (2018):[63-68].
Published
2023-06-01