EFEKTIVITAS STRATEGI FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP

  • Edi Sutiono Dosen Universitas Baturaja
  • Monalisa Monalisa Mahasiswa Universitas Baturaja
Keywords: Efektivitas, Flash Card, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Strategi Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 1 BP Bangsa Raja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 orang. Dan sampel penelitian berjumlah 27 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, teknik analisis dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji normalitas memperoleh data berdistribusi normal untuk kelompok eksperimen sesudah menggunakan strategi Flash Card menunjukkan bahwa Lhitung lebih kecil daripada Ltabel 0,1099 < 0,173 dan untuk data siswa sebelum menggunakan strategi Flash Card didapat bahwa Lhitung lebih kecil daripada Ltabel 0,0785<0,173. Pada data nila homogenitas chi-kuadrat dalam tabel dk (2-1), didapat nilai 3,841 pada taraf signifikan 5%. Nilai chi-kuadrat hitung 3,025,, dengan demikian nilai chi-kuadrat hitung lebih kecil dari chi- kuadrat tabel atau 3,025<3,841. Hal ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh Homogen. Hasil perhitungan dan analisis data dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan df = 26 diperoleh harga “t” tabel yaitu 2,06. Hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang dibuktikan dalam taraf 5% yaitu 25,76 > 2,06. Dengan demikian (Ha) hipotesis alternatif diterima, dan (Ho) hipotesis nihil ditolak yaitu ada Efektivitas Strategi Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 1 BP Bangsa Raja.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dewi, Dkk. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Karikatur Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal : Edutcehnologia, Tahun 2, Vol 2 No. 1, Juni 2018.
[2] Said dan Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Kencana:Katalok Dalam Terbitan (KDT).
[3] Sugiyono. 2021. Metode Penelitian dan Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
[4] Sudjana. 2005. Metoda Statistka. Bandung:
Tarsito
[5] Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Published
2023-06-01