EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII MTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di MTs Negeri 1 OKU. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yaitu One-GroupPretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian 212 siswa. Dan sampel penelitian terdiri dari 35 siswa yaitu kelas VIII,A sebagai kelas eksperimen. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, teknik analisis dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan memperoleh data berdistribusi normal dengan Lhitung kelompok eksperimen sebesar 0,7562<0,1501 dan data homogen diproleh nilai sebesar 0,156<3,841sehingga thitung>ttabel nilai thitung yang diproleh sebesar 10,63>2.03. pada harga t untuk df atau db = N1 – 1= 35 – 1 =34 pada taraf sinifikan 5% adalah 2,03 sehingga thitung>ttabel. Karena “t” yang diperoleh dalam perhitungan t0 = 47,74 adalah lebih besar dari tahap signifikan maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dilihat dari hasil nilai belajar ini dapat dinyatakan bahwa terdapat keefektifan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di MTs Negeri 1 OKU.
Downloads
References
[2] Budiningsih , C, Asri. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta
[3] Rusman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
[4] Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
[5] Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
AR-RUZZ MEDIA
[6] Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
[7] Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[8]
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:
Tarsito
[9] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[10] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan
pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta