PEMBELAJARAN BAHASA YANG DIDUKUNG AI: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan kebermanfaatan platform kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendidikan dan menilai kinerja siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk memahami konsep mendalam dari objek penelitian tentang alat teknologi yang digunakan oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini juga menggunakan penelitian kepustakaan (library research), Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi Artificial Intelligence dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mendukung temuan penelitian bahwa AI dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa melalui aplikasi, situs web, teknologi Virtual Reality, dan metode pembelajaran dan pengajaran berbasis AI lainnya. Menurut temuan penelitian ini, penggunaan instrumen teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris berpotensi untuk mengubah pengembangan dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris.
Downloads
References
[2] Almaleki, W. S. A. (2020). Saudi international students’ perceptions of the utility of artificial intelligence and intelligent personal assistant tools in EFL learning (Doctoral dissertation, Concordia University Chicago).
[3] Al-Turjman, F., Yadav, S. P., Kumar, M., Yadav, V., & Stephan, T. (2022). Transforming Management with AI, Big-Data, and IoT. Transforming Management with AI, Big-Data, and IoT (pp. 1–317). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-86749-2
[4] Fitria, T. N. (2021, November 7). QuillBot as an online tool: Students’ alternative in paraphrasing and rewriting of English writing. Englisia : Journal of Language, Education and Humanities; State Islamic University Ar-Raniry. https://doi.org/10.22373/ej.v9i1.10233
[5] Hartono, W. J. (2023, May 31). Artificial Intelligence (AI) Solutions In English Language Teaching: Teachers-Students Perceptions And Experiences. jonedu.org. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3101
[6] Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif. penerbit Graha Ilmu: yogyakarta (Vol. 6, p. 286).
[7] Rahayu, S., & Pujiyono, W. (2017). Media Pembelajaran Kecerdasan Buatan Pokok Bahasan Metode Pelacakan Menggunakan Multimedia Pada E-Learning. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 5(1), 136–145. https://doi.org/10.12928/jstie.v5i1.10824
[8] Ribeiro, Jair. (2021). A.I. in 2020: A Year Writing about Artificial Intelligence. Independently Published.
[8] Ribeiro, R. (2020, March 9). Artificial Intelligence in English language learning. Cambridge.Org. https://www.cambridge.org//elt/blog/2020/03/09/artificial-intelligence-english-language-learning
[9] Suciati, S., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Arifani, Y. (2023). Artificial Intelligence Application dalam Pembelajaran Speaking: Persepsi dan Solusi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 1111–1115). Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
[10] Wang, L., & Hu, X. (2020). The Role of AI in English Teaching: Current Applications and Future Directions. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 30(4), 688-706.
[11] Zhang, X., & Chen, L. (2021). College English Smart Classroom Teaching Model Based on Artificial Intelligence Technology in Mobile Information Systems. Mobile Information Systems, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/5644604
[12] Zulfa, S., Sari Dewi, R., Nuruddin Hidayat, D., Hamid, F., & Defianty, M. (2023). The Use of AI and Technology Tools in Developing Students’ English Academic Writing Skills. In The Annual International Conference on Education (pp. 47–63).