PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBPADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS VIII SMP

  • Johan Eka Wijaya Dosen Universitas Baturaja
  • Edi Sutiono Dosen Universitas Baturaja
  • Intan Mayasari Mahasiswa Universitas Baturaja
Keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan, website

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII di SMP 21 OKU. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan Reserch and Development. Model yang digunakan model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dari hasil uji coba, ahli materi memberikan nilai 86% dengan katari sangat baik. Ahli desain memberikan nilai 75% dengan katagori baik. Ahli media memberikan nilai 80% dengan katagori baik. Pada uji coba produk perorangan dengan jumlah 3 diperoleh nilai 80% dengan katagori baik. Pada uji coba produk kelompok kecil dengan jumlah 10 diperoleh nilai 80% dengan katagori baik. Pada uji coba produk perorangan dengan jumlah 13 diperoleh nilai 80% dengan katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini produk media pemebalajaran dapat digunakan pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Sari, Y. 2019. “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Program Studi Teknologi Pendidikan Di Universitas Baturaja”. Baturaja: Program Studi Teknologi Pendidkan Universitas Baturaja
[10] Kurniawan, N & Sanjaya, R. 2010. Websites Praktis dengan Google Sites. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
[11]Tim. 2017. Prakarya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
[12] Sugiyono. 2019. Metode penelitien kuentiatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
[13] Warsita. 2008. Teknologi pembelajran landasan dan aplikasiya. Jakarta: Rineka
[14] Sugiyono. 2019. Metode penelitien kuentiatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
[15]Sugijono. 2011. Pegantar Statistic Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[16] Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta
[17] Yunianto, T. 2021. “Analisis Kesesuiaan Materi IPA Dalam Buku Siswa Kelas IV Semester 1 SD/MI Dengan Kurikulum 2013”. Dalam jurnal. Ilmiah pendidikan dasar 8(1)
[18] Safriyadi N, dkk.2018. “Aplikasi Virtual Tour Berbasis Multimedia Interaktif Pada Abjek Wisata Qubu Resort Pontianak”. Dalam jurnal. Seminar nasional informasi dan komunikasi.
[2]winataputra dan budimansyah, D. 2007. Civic education ‘konteks,lanasan, bahan ajar, dan kultur kelas. Bandung: programstudi pendidikan kewarganegaraan sekolah paca sarjana UPI.
[3] Rusman. 2011. “Diagram Alir (Flowchat)”. Makalah disajikan dalam Materi perkuliahan, UNBARA Sumatra Selatan, Baturaja, 5 November
[4] Sadiman, A. S. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[5]Sadiman, A. S. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[6] Sadiman, A. S. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[7] Pribadi, B. A. 2017. Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima
[8] Sari, A. O, Abdilah, A. Dan Sunarti. 2019. Web programming. Yogyakarta: Graha Ilmu
[9] Djibu, R. 2020. Pembelajaran Berbasis Websites dan Budaya Literasi. Makasar: Graha Aksara
Published
2023-12-01