PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI di SMA Negeri 1 Madang Suku III. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang di gunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Model evaluasi produk yang digunakan yaitu model prosedural. Adapun hasil evaluasi dari ahli materi diperoleh rata-rata persentase persentase 89,53%, dengan persentase tersebut menunjukkan bahwa e-modul dapat dikategorikan sangat baik. Hasil evaluasi ahli media diperoleh rata-rata persentase 84,82%, dengan persentase tersebut menunjukkan bahwa e-modul dapat dikategorikan sangat baik. Hasil evaluasi ahli desain diperoleh persentase 87,71%, sehingga dengan persentase tersebut menunjukkan bahwa e-modul dapat dikategorikan sangat baik. Kemudian dilanjutkan dengan hasil evaluasi orang per orang (one to one evaluation) diperoleh rata-rata persentase 87,73% dengan keterangan sangat baik. Hasil evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) diperoleh rata-rata persentase 89,43% dengan keterangan sangat baik dan hasil uji coba lapangan (field test) diperoleh rata-rata persentase 88,66% dengan keterangan sangat baik. Jadi, hasil penelitian dan pembahasan tentang e-modul pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan ini layak digunakan oleh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Madang Suku III