PENERAPAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGAJAR OLEH GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kecerdasan emosional dalam mengajar oleh guru di madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Baturaja Timur. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Populasi dan sampel penelitian adalah Guru di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Baturaja Timur berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan pedoman wawancara, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi merupakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dengan alat pengukuran data berupa angket dengan 13 butir pertanyaan. Teknik analisis data mengunakan rumus persentase. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan maka hasil penelitian penerapan kecerdasan emosional di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Baturaja Timur pada indikator mengembangkan empati dan kepedulian 91,76% dalam kategori baik sekali kemudian pada indikator mengajarkan kejujuran dan integritas 86,89% dalam kategori baik sekali selanjutnya pada indikator mengajarkan memecahkan masalah 83% dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kecerdasan emosional dalam mengajar oleh guru di madrasah ibtidaiyah se-kecamatan baturaja timur sudah dijalankan dengan baik sekali.
Downloads
References
[2] Djmarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.
[3] Wijiatun, Indrajit. 2020. Merdeka Belajar. Yogyakarta: Andi
[4] Gunawan, Heri. 2022. Pendidikan karakter. Bandung: ALFABETA,cv
[5] Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
[6] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
[7] Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[8] Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE