IMPLEMENTASI UJIAN SISTEM CBT (COMPUTER BASED TEST) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Ujian Sistem CBT (Computer Based Test) di SMK Negeri 3 OKU Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian adalah peserta didik kelas X1 di SMK Negeri 2 OKUS yang berjumlah 58 orang. Hasil penelitian ini ada tiga tahap dalam pelaksanaan ujian menggunakan CBT (Computer Based Test). Tahap pertama (persiapan) dengan 12 butir pertanyaan diperoleh hasil 86,59% (Baik Sekali), tahap kedua (pelaksanaan) dengan 12 butir pertanyaan diperoleh hasil 86,13% (Baik Sekali) dan tahap ketiga (evaluasi) dengan 14 butir pertanyaan diperoleh hasil 86,11% (Baik Sekali). Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa ujian sistem CBT (Computer Based Test) di sekolah SMK Negeri 2 OKU Selatan sudah terlaksana baik sekali dengan rata-rata persentase 86,26% (Baik Sekali).
Downloads
References
Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan , Volume: 01 Nomor: 1 http://doi.org/10.24090/jk.vlil.530, diakses
pada 22 September 2021.
[2] Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[3] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[4] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
[5] Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[6] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[8] Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
[10] Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta : BPFE.