Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Time Token Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Model Time Token dalam materi Mobilitas Sosial di kelas VII SMP Negeri 2 OKU. Model pembelajaran adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa soal pilihan ganda, soal yang digunakan pre test dan Siklus I sama, tetapi pada siklus II berbeda. Sedangkan RPP yang digunakan berbeda . Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar materi Mobilitas Sosial karena keaktifan dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga menumbuhkan suasana yang aktif dan kompetitif. Perubahan sikap siswa dalam pembelajaran IPS semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat peningkatan dari 43,8 % menjadi 62,5%, siklus II dari 62,5% menjadi 90,1% yang dapat dikategorikan “sangat baik”. Saat pembelajaran berlangsung siswa berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan diskusi dan observasi, sehingga sudut pandang terhadap pelajaran IPS berubah menjadi positif. Dengan demikian model pembelaran TT dapat digunakanuntuk pembelajaran IPS di kelas.
Downloads
References
[2] Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Faturrahman, Muhammad. (2015) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: ArRuz Media
[4} Istarani.( 2011). Model Pemeblajaran Inofatif. Medan: Media Persada.
[5] Ngalimun, (2012) Strategi dan Model Pembelajaran, Banjarmasin : Script Tunas Cendikia