PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS KELAS IX SMP

  • Guru SMP N 2 OKU

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA Model Student Team Achievement Divisions dalam materi Kemagnetan di kelas IX SMP Negeri 2 OKU Model pembelajaran adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa soal pilihan ganda, soal yang digunakan pre test dan Siklus I sama, tetapi pada siklus II berbeda. Sedangkan RPP yang digunakan   berbeda . Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar materiKemegnetan karena kerja sama siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga menumbuhkan suasana yang aktif dan kompetitif. Perubahan sikap siswa  dalam pembelajaran IPA semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat peningkatan dari 34,3 % menjadi 59,3%, siklus II dari 59,3% menjadi 87,5% yang dapat dikategorikan “sangat baik”. Saat pembelajaran  berlangsung siswa berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan diskusi dan observasi, sehingga sudut pandang terhadap pelajaran IPA berubah menjadi positif. Dengan demikian model pembelaran STAD dapat digunakan untuk pembelajaran IPA di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

, Guru SMP N 2 OKU

Penulis Merupakan Guru di SMPN 2 OKU

References

[1] Ananda, Rusydi dan Amiruddin. (2017). Inovasi Pendidikann. Medan: Widya Puspita

[2] Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

[4] Faturrahman, Muhammad. (2015) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: ArRuz Media

[5] Istarani.( 2011). Model Pemeblajaran Inofatif. Medan: Media Persada
Published
2020-06-15