EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MOBILE APLIKASI FLASH CARDS DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Dosen Universitas Borneo Tarakan
  • Dosen Universitas Borneo Tarakan
  • Dosen Universitas Borneo Tarakan
Keywords: Mobile Aplikasi Pembelajaran, Flashcards, Kemampuan Berbicara

Abstract

Pembelajaran mobile digunakan dalam pendidikan untuk membuat siswa memiliki perangkat portabel untuk belajar dan membuat siswa dapat belajar dengan siswa lain dan berdiskusi di mana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan mobile aplikasi Flashcards untuk membantu mengoptimalkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Design pre experimental dengan 1 kelas purposive sampel dengan treatment selama tiga minggu, data penelitian dari pre test dan post test menunjukkan uji sample paired t-test, derajat kebebasan (df) adalah 21, kemudian t-tabel adalah 2,079. Uji-t (-7,880) lebih tinggi dari t-tabel (2,079) yang artinya penggunaan mobile aplikasi flashcards ini efektif dalam mengoptimalkan kemampuan berbicara siswa. Dalam penggunaan mobile aplikasi Flashcards, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk menggunakan mobile aplikasi ini dan berbicara di depan kelas..

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

, Dosen Universitas Borneo Tarakan

Dosen Universitas Borneo Tarakan

, Dosen Universitas Borneo Tarakan

Dosen Universitas Borneo Tarakan

, Dosen Universitas Borneo Tarakan

Dosen Universitas Borneo Tarakan

References

[1] Ally, M. (2009). Mobile learning: Transforming the delivery of education and training. Canada: AU Press, Athabasca University.

[2] Brown, H., D. (2001). Teaching by principle: An introduction to language pedagogy (2ndEd.). White plains, NY: Longman Inc.

[3] Byrd, D. R., & Lansing, B. (2016). Electronic flashcards inside the classroom: Practical and effective. The journal of language teaching and learning 6(2).

[4] Cameron, L. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge: Cambridge University Press.

[5] Creswell, J., W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research (4th Ed.). United States of America: Pearson Education Inc.

[6] Cross, D. (1992). A practical handbook of language teaching. United Kingdom: Prentice Hall.

[7] EPI. (2018). English proficiency index. Retrieved from www.ef.com/epi

[8] Harris, D., P. (1969). Testing English: As a second language. New York: McGraw-Hill Book Company.

[9] Haycraft, J. (1997). An introduction to English language teaching. England: Longman.

[10] Nunan, D. (1991). Language teaching methodology: A textbook for teachers. Sydney: Macquarie University.

[11] Sriati, Humaidah, L., Prasetyo, Y. (2012). The use of flashcard media to improve students’ speaking ability. Journal English Education Department 1(2)

[12] Syaifudin, M. (2017). The use of flashcards to enhance student’s speaking skill trough vocabulary mastery. Jurnal SAINSTECH Politeknik Indonusa Surakarta, 1(7), 33-38

[13] Woodill, G. (2011). The mobile learning edge: Tools and technologies for developing your teams. United States: McGraw Hill
Published
2020-06-15