EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKADI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pembelajaran mobile digunakan dalam pendidikan untuk membuat siswa memiliki perangkat portabel untuk belajar dan membuat siswa dapat belajar dengan siswa lain dan berdiskusi di mana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan mobile aplikasi Flashcards untuk membantu mengoptimalkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Design pre experimental dengan 1 kelas purposive sampel dengan treatment selama tiga minggu, data penelitian dari pre test dan post test menunjukkan uji sample paired t-test, derajat kebebasan (df) adalah 21, kemudian t-tabel adalah 2,079. Uji-t (-7,880) lebih tinggi dari t-tabel (2,079) yang artinya penggunaan mobile aplikasi flashcards ini efektif dalam mengoptimalkan kemampuan berbicara siswa. Dalam penggunaan mobile aplikasi Flashcards, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk menggunakan mobile aplikasi ini dan berbicara di depan kelas
Downloads
References
[2] Ariani, Desi., Candiasa,M., Marhaeni. Pengaruh Implementasi open-ended problem dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 4 Tahun 2014
[3] Shimada, S. dan Becker, J.P. The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: NCTM. 1997
[4] Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015, pp.278.
[5] Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016, pp. 232.
[6] Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014, pp. 112
[7] Istianah,Liza., Hastuti Noer,Sri. Pembelajaran TPS berbasis open-ended problem ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung vol 2, no 5 Tahun 2014
[8] Panchal, C. 2013. A Study of Abstract Reasoning of the Students of Standard IX of Ahmedabad City. International Journal for Research In Education, Vol. 2, Issue:3, ISSN:2320-091.