PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP
Abstract
Salah satu unsur eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran adalah penggunaan bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model pengembangan Rowntree dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase. Dari hasil uji coba, ahli media, memberikan nilai 83,42% dengan kriteria “baik”, ahli desain menilai produk yang dibuat dengan persentase 81,76% dengan kriteria “baik”, dan ahli materi menilai produk yang dibuat dengan persentase 86,78% dengan kriteria “baik”. Berdasarkan pada hasil validasi dari ahli media, ahli desain, dan ahli materi menunjukkan bahwa produk layak untuk diuji cobakan. Pada evaluasi produk skala perorangan dengan responden 3 orang siswa diperoleh rata-rata presentase 87,69% dengan kriteria “baik sekali”. Kemudian dilakukan evaluasi skala kecil dengan responden 6 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 87,23% dengan kriteria “baik sekali”. Selanjutnya dilakukan evaluasi produk skala besar dengan responden 25 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 80,9% dengan kriteria “baik sekali”.
Downloads
References
[2] Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung:Alfabeta
[3] Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
[4] Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta: BPEE
[5] Tegeh, I Made & I Made Kirna. 2014. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
[6] Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press
[7] Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajara.Jakarta: Rineka Cipta