Persepsi Siswa Terhadap Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Local Learning
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Ingris Berbasis Local Learning SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Local Learning SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan? Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan, sampel yang diambil berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 27 siswa dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Local Learnig SD Negeri 09 Duren Tiga Jakarta Selatan mendapatkan skor 1700 atau rata-rata jawaban siswa dengan persentase sebesar 62.96 % dan masuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Local Learning adalah baik.