Keterampilan Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMK Negeri 3 OKU Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan berjumlah 235 orang. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data yakni analisa statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian kepada siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan menunjukkan bahwa keterampilan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar berada pada kategori cukup dengan 69,1%. Rincian keterampilan siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan dalam mengumpulkan informasi dicapai berdasarkan penjumlahan rata-rata pilihan selalu dan sering 62,98% dengan kriteria “cukup”. Keterampilan siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan, mengambil intisari dan pengorganisasian informasi yang menjawab selalu dan sering 67,66% dengan kriteria “cukup”. Keterampilan siswa menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi yang menjawab selalu dan sering 70,73% dengan kriteria “cukup”. Keterampilan siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan menggunakan informasi yang menjawab selalu dan sering 75% dengan kriteria “cukup”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan dalam keterampilan mengumpulkan informasi, mengambil intisari dan pengorganisasian informasi, keterampilan menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi, serta keterampilan menggunakan informasi sudah dilakukan dengan “cukup baik”.