Keterampilan Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar

  • Universitas Baturaja
Keywords: Keterampilan, Perpustakaan, Sumber Belajar

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan Siswa Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMK Negeri 3 OKU Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan berjumlah 235 orang. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data yakni analisa statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian kepada siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan menunjukkan bahwa keterampilan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar berada pada kategori cukup dengan 69,1%. Rincian keterampilan siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan dalam mengumpulkan informasi dicapai berdasarkan penjumlahan rata-rata pilihan selalu dan sering 62,98% dengan kriteria “cukup”. Keterampilan siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan, mengambil intisari dan pengorganisasian informasi yang menjawab selalu dan sering 67,66% dengan kriteria “cukup”. Keterampilan siswa menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi yang menjawab selalu dan sering 70,73% dengan kriteria “cukup”. Keterampilan siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan menggunakan informasi yang menjawab selalu dan sering 75% dengan kriteria “cukup”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa SMK Negeri 3 OKU Selatan dalam keterampilan mengumpulkan informasi, mengambil intisari dan pengorganisasian informasi, keterampilan menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi, serta keterampilan menggunakan informasi sudah dilakukan dengan “cukup baik”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-01