Efektifitas Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Mahasiswa Menulis Rangkuman Buku Ilmu Pengetahuan Populer Pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja
Abstract
Sebuah rangkuman berisi keseluruhan teks atau buku yang dirangkum secara utuh dan lengkap. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja Menulis Rangkuman Buku Ilmu Pengetahuan Populer dengan menggunakan metode Cooperative Script? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer dengan menggunakan metode Cooperative Script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pre-eksperimental designs (non designs). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31orang. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan mahasiswa menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer dengan nilai t tabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2,01 dan 1% sebesar 2.68 dengan t0 sebesar 28,65 dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak. Ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya metode Cooperative Script dalam menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer dapat mengubah kemampuan mahasiswa dalam menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer dari kurang efektif menjadi lebih efektif (lebih baik)
Downloads
References
[2] Djuharni. 2001. Merangkum Ilmu Buku Pengetahuan Populer. http://www.google.com.id/Duharni@. Diakses tanggal 12 Februari 2013.
[3] Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Bumi Aksara.
[4] Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Maryati, Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
[6] Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa: Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
[7] Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[8] Sulistyo, Bambang. 2008. Pengantar Keterampilan Menulis (tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
[9] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
[10] Tarigan Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
[11] Tim Bina Karya Tani. 2008. Pedoman Bertanam Coklat. Bandung: Yrama Widya.
[12] Wahoyo dan Rusmiyanto. 2007. Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Ganeca Exact.
[13) Wirajaya, Asep Yudha. 2008. Berbahasa dan Bersastra Indonesia Untuk SMP/MTs