PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA TERPADU POKOK BAHASAN KONSEP LISTRIK STATIS
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktifmata pelajaran IPA Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis,serta efektif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan(Development Research). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Alessi and Trollipterdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development).Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, walkthrough, angket, dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji alpha dilakukan pada aspek media diperoleh nilai 3,42, dengan kategori sangat valid, pada aspek desain pembelajaran diperoleh nilai 3,50 dengan kategori valid, dan aspek materi diperoleh nilai 3,64 dengan kategori sangat valid. Kemudian berdasarkan uji praktikalitas terhadap tiga orang siswa diperoleh nilai 3,80 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan pada hasil uji efektivitas atau uji coba produk menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar sebesar 16,14 dan hasil belajar belajar sebesar 23,75 dari rata-rata hasil pretest dan posttest. Sehingga multimedia interaktif pembelajaran IPA terpadu pokok bahasan konsep listrik statis dinyatakan valid, praktis, serta memiliki efektivitas terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
[2] Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta: Jakarta.
[3] Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press: Jakarta.
[4] Azhar, A. (2014). Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
[5] Gunawan dkk, (2015).Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Penelitian Pendidikan 2015. Vol 1. No 1. Hal 6.
[6] Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[7] Hamdu, G. L. (2011).Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan 2011. Vol 12. No 3. Hal 02.
[8] Harmadi., Basir, D., & Jaenuddin. R. (2011).Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Lais Musi Banyuasin.Inovasi Pendidikan 2011. Vol.3. No 1. Haal 06.
[9] Munir. (2012). Multimedia konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[10] Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press: Yogyakarta.
[11] Prihartini, A dkk, (2015). Pengembangan Mulitimedia Pembelajaran Interaktif IPA dengan Model 4D untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja Penelitian Pendidikan 2015. Vol 3. No 01. Hal 10.
[12] Putri & Sibuea, (2014).Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fisika. Penelitian Pendidikan 2014. Vol 1. No 02. Hal 8.
[13] Rohmani dkk, (2015).Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan LKS Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA. Penelitian Pendidikan 2015. Vol 4. No 01. Hal 9.
[14] Said, A., & Damanik, H. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada mata kuliah peelitian tindakan kelas (PTK) UT Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2013. No 04. Hal 04.