PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi Powerpoint 2013 pada mata pelajaran desain grafis kelas X di SMK YIS Martapura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase. Dari hasil validasi ahli media memberikan nilai 82,46% dengan kriteria “Baik”, ahli desain dengan persentase 80,82% dengan kriteria “Baik”, dan ahli materi dengan persentase 85,40% dengan kriteria “Baik”. Pada uji produk skala perorangan presentase 94,6% dengan kriteria “Baik sekali”. Skala kecil diperoleh rata-rata persentase 93,38% dengan kriteria “Baik sekali”. Selanjutnya untuk uji coba produk skala besar diperoleh rata-rata persentase 88,8% dengan kriteria “Baik sekali”.
Downloads
References
[2] Okta, Jumdapi, “Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII,” TEKNOMATIKA, Vol. 08, No.01, Maret 2018.
[3] Kuswanto, Joko, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI,” Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), Vol. 2, No. 2, Desember 2019.
[4] Sari, Dian Kartika. 2018. “Pengembangan Aplikasi Android Mobile Dictionary And Emulatorperintah Dasar Command Line Interfacelinux dan Windows”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.
[5] Kuswanto, Joko “Perancangan Media Pembelajaran Model Game Mata Pelajaran Penjaskes Kelas V,” SITECH, Vol. 2, No. 1, 2019.
[6] Kuswanto, Joko, “Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII,” Media Infotama, Vol. 15, No. 2, 2019.
[7] Putra, Nusa. 2011. “Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar.” Jakarta: Rajawali Pers.
[8] Warsita, Bambang, 2008. “Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.” Jakarta: Rineka Cipta.
[9] Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[4] Nurgiyantoro,B. 2014.Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
[5] Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi .Jurnal kependidika,(Online), Vol 01, No 1, (http://ejurnal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473)
[5] Purta, N. 2013. Research & development. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[6] Singgih, B.,& Iswindarti, P . 2018. Simulasi dan Komunikasi Digital. Malang: PT Latif Kitto Mahesa (Kitto Book)
[7] Sudijono, A. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[8] Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta