PELAKSANAAN PENILAIAN TES OBYEKTIF OLEH GURU DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN MUARADUA KISAM KABUPATEN OKU SELATAN.

  • Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan
  • Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan
Keywords: Pelaksanaan, Penilaian, Tes, Obyektif, Guru

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Penilaian Tes Obyektif Oleh Guru Di SMP Negeri Se-Kecamatan Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan. Populasi penelitian ini adalah guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan yang jumlah responden 60 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penilaian tes obyektif oleh guru di SMP Negeri Se-kecamatan Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan, tes bentuk benar-salah (true-false)  dari 6 item  didapat persentase rata-rata 50,26% dengan kategori kurang baik. Untuk tes pilihan ganda (multiple choice test) yang diperoleh dari 13 item maka didapat persentase rata-rata 89,4% dengan kategori sangat baik. Untuk tes menjodohkan yang diperoleh dari 7 item didapat persentase rata-rata 44,04% dengan kategori kurang baik. Tes isian (completion test) yang diperoleh dari 4 item maka didapat persentase rata-rata 85% dengan kategori baik.  Dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan penilaian tes obyektif oleh guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Muaradua Kisam Kabupaten OKU Selatan sudah dijalankan dengan cukup  baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arifin Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya

[2] Arikunto Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

[3] Darmawan Deni. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

[4] Djamarah Bahri Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. jakarta. PT. Rineka Cipta

[5] Martono Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

[6] Nurgiyantoro. 2010 PenilaianPembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE

[7] Narbuko, Achmadi. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta:Bumi Aksara

[8] Purwanto Ngalim. 2009 Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

[9] Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

[10] Sukardi. 2008 Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

[11] Sudaryono. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

[12] Sudjana Nana. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya .

[13] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

[14] Sudijono Anas. 2015 Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2021-02-03