Sensualitas Perempuan Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kispray Versi Gold For Moment)

  • Larasari Dwi Putri Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja
  • Dian Novitasari Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja
  • Darwadi M Suwarno Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja

Abstract

Advertising turns out not only to function as a promotional medium but also to contain ideologies that are capable of influencing people's mindsets. At present there are many advertisements that use the symbol of a woman as it is known that a woman's body is now defined as having a body that contains sensuality that can cause lust for men. This study aims to analyze ad impressions that contain elements of female sensuality by using the semiotic theory of Roland Barthes, to find a meaning that is hidden behind a sign from the markers and markers contained in the advertisement. This study uses a qualitative approach and in this study uses a type of critical paradigm. The results of this study can be found that there is an element of sensuality in the Kispray advertisement version of the gold for moment starts from excessive image taking on a woman's body and there is a myth in the Kispray advertisement version of the gold for moment that women are able to flirt with a sexy look. Facial expressions, body gestures and female voice tones can provoke male sexual imagination and the fragrance of Kispray gold is equivalent to the perfume of luxury perfume.

Author Biography

Larasari Dwi Putri, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja

Iklan ternyata tidak hanya berfungsi sebagai media promosi melainkan juga mengandung ideologi yang mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat. Saat ini banyak iklan yang menggunakan simbol perempuan sebagaimana diketahui tubuh perempuan saat ini didefinisikan memiliki tubuh yang mengandung sensualitas yang dapat menimbulkan nafsu bagi laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tayangan iklan yang mengandung unsur sensualitas perempuan dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes, untuk menemukan sebuah makna yang tersembunyi dibalik sebuah tanda dari penanda dan petanda yang terdapat dalam iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan jenis paradigma kritis. Hasil dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa adanya unsur sensualitas dalam tayangan iklan Kispray versi gold for moment dimulai dari pengambilan gambar yang berlebihan pada tubuh perempuan dan terdapat mitos dalam tayangan iklan Kispray versi gold for moment yaitu perempuan mampu menggoda dengan sentuhan tampilan seksi. Ekspresi wajah, gesture tubuh dan nada suara perempuan dapat memancing imajinasi seksual pria dan wangi Kispray gold setara dengan wangi parfum mewah

Published
2020-07-09
How to Cite
Putri, L., Novitasari, D., & M Suwarno, D. (2020). Sensualitas Perempuan Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kispray Versi Gold For Moment). Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(1), 24-35. https://doi.org/10.54895/jkb.v1i1.303