PESAN MORAL DALAM IKLAN SABUN LIFEBUOY EDISI "PELUK CIUM ADIK KAKAK"
Abstract
Di era globalisasi seperti saat ini dimana persaingan antar produsen menjadi semakin ketat sehingga menuntut produsen untuk mencari cara lain yang lebih kreatif untuk mempromosikan produknya agar dapat menarik perhatian khalayak, salah satunya dengan mengemas pesan moral pada iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna isi pesan moral dalam sebuah iklan dan mengidentifikasi tanda-tanda Verbal dan Non Verbal yang terdapat dalam Iklan Sabun Lifebuoy Edisi “Peluk Cium Adik Kakak” di televisi yang mencakup unsur tanda Verbal dan Non Verbal dalam iklan tersebut serta menjelaskan makna pesan yang terkandung didalam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan studi pustaka, serta referensi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis semiotika oleh Charles Sander Pierse. Hasil Penelitian ini ialah iklan Sabun Lifebuoy Edisi “Peluk Cium Adik Kakak” dimedia televisi didalam iklan tidak hanya menampilkan keunggulan dari produknya namun ada pesan moral yang juga disampaikan melalui tanda-tanda Verbal dan Non Verbal didalam iklan, kemudian tanda-tanda tersebut akan dianalisis dan dideskripsikan dengan menggunakan konsep semiotika triangle meaning Charles Sanders Pierce sehingga diperoleh pesan moral yang ingin disampaikan yaitu pesan moral mengenai kasih sayang, kepatuhan, disiplin dan pola hidup sehat. Pesan moral mengenai kesehatan juga ditampilkan untuk menegaskan identitas Lifebouy sebagai produk kesehatan.