STRATEGI PEMROGRAMAN RADIO ELJHON BATURAJA DALAM MENARIK PENDENGAR MELALUI PROGRAM SHARING
Abstract
Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang bersaing diantaranya adalah selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Merebut dan mempertahankan pangsa pasar dalam kondisi persaingan yang kompetitif seperti saat ini perusahaan harus dapat menerapkan strategi pemrograman yang tepat untuk menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pemrograman acara di Radio Eljohn Baturaja untuk meningkatkan minat pendengar melalui program sharing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana strategi radio eljohn baturaja dalam menarik minat pendengar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini di lakukan di Radio Eljohn Baturaja. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hasil penelitian ini melalui wawancara secara mendalam. Teori penelitian ini yaitu teori information seeking. Dimana teori ini menjelaskan pencarian, pengindraan dan pemrosesan informasi, disebut memiliki akar dari penelitian psikologi sosial tentang kesesuaian sikap. Salah satu asumsi utamanya adalah bahwa orang cenderung untuk menghindari informasi yang tidak sesuai dengan image of realiti-nya karena informasi itu bisa saja membahayakan. Dimana strategi ini dilakukan dengan cara mencari informasi dari para pendengar untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan para audien. Adapun proses teori ini dimulai dari (1) inisiasi, (2) seleksi, (3) koleksi, (4) presentasi. Hal inilah yang dilakukan Radio Eljohn Baturaja sehingga setiap acara-acara yang disiarkan oleh Radio Eljohn bisa diterima dengan baik oleh para audien. Diharapkan Radio Eljohn mampu bersaing dengan radio-radio yang ada di baturaja.