STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN OGAN KOMERING ULU (OKU) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA 2020
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 2020. Strategi komunikasi yang dimaksud di dalam penelitian ini adalah bagaimana cara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten OKU melaksanakan program sosialisasi ini kepada masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 2020.Penelitian ini menggunakan teori perencanaan Charles Berger, melalui tiga konsep pertama yaitu meta- tujuan (meta-golas), tujuan sosial (social golas), ingatan kerja (working memory). Dimana Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) harus memulai perencanaan dengan memandu perencanaan, tujuan perencanaan, ingatan kerja, agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 2020. Dalam penelitian menggunakan paradigma konstruktivis, metode yang digunkanan kualitatif deskritif, teknik yang digunakan wawancara mendalam serta teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling.Kesimpulan dari penelitian ini ialah KPU Kabupaten OKU sudah melakukan perencanaan yang baik dengan proses program sosialisasi yang di lakukan secara maksimal, tetapi dilapangan fakta yang ditemukan yaitu KPU Kabupaten OKU tidak memberikan pengetahuan dan informasi secara menyeluruh kepada masyarakat khusus nya pemilih di Kabupaten OKU pada pilkada 2020 dan cara penyampaian kepada masyarakat tidak dilakukan secara skala besar di karenakan masa pandemi ini menjadikan nya tidak maksimal