Surface Miner sebagai Salah Satu Alternatif Proses Pemberaian Batu Kapur yang Ramah Lingkungan

Surface Miner as An Alternative Environmentally Friendly Limestone Demolishing Process

  • Muhammad Nasir Yazid Komisi Penilai AMDAL Kabupaten OKU
Keywords: Pemberaian, Ramah Lingkungan, Surface Miner

Abstract

Kegiatan penambangan dalam prakteknya harus mengacu pada kaidah penambangan yang baik dan benar, menyeimbangkan pilar ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan, sehingga memberikan manfaat bagi generasi sekarang maupun mendatang. Salah satu aktifitas penambangan batu kapur adalah proses pemberaian batu kapur dari batuan induknya, Surface Miner merupakan peralatan mekanis yang dapat digunakan dan menerapkan metode penambangan ramah lingkungan.

References

Ardi A., 2023, Dampak Penggunaan Unit Suface Miner terhadap Penurunan Tingkat Kebisingan dan Getaran, Skripsi, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Baturaja.

Hidayah KN., 2019, Evaluasi Produktivitas Wirtgen 2200 surface miner pada Tambang Batu Kapur Pit Exixting di PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk, Skripsi, Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.


Restu J, dkk, 2019, Studi Komparatif Efektifitas Pembongkaran Batu Kapur Menggunakan Surface Miner dan Blasting untuk Lingkungan Berkelanjutan di PT Semen Baturaja Tbk, Laporan Akhir Penelitian, Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya.

Suyartono, dkk, 2016, Pengelolaan Pertambangan yang Baik dan Benar (Good Mining Practise), Cetakan Keempat, Penerbit Studi Nusa, Jakarta, ISBN : 979-97534-7-3

Yanto I, 2016. Pemindahan Tanah Mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Yogyakarta, ISBN : 978-602-820607-5
UNBARA ENVIRONMENTAL ENGINERING JOURNAL
Published
2024-02-09