Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Lingkungan Perumahan Dinas PT Semen Baturaja Tbk.

Household Waste Management Strategy in the Residential Environment of PT Semen Baturaja Tbk.

  • Robbi Santoso universitas baturaja
  • Setiatriarini Tirtaweningtias universitas baturaja
  • Lulu Destiana Purwita universitas baturaja
Keywords: Analisis SWOT, Pengelolaan Sampah, Sampah Rumah Tangga

Abstract

Pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan perumahan dinas PT Semen Baturaja Tbk merupakan aspek penting dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan contoh strategi efektif dalam pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan perumahan. Penelitian ini menganalisis sistem pengelolaan sampah di lingkungan perumahan karyawan PT Semen Baturaja Tbk dan mengusulkan strategi pengelolaan sampah berdasarkan hasil penelitian. Sistem pengelolaan sampah yang saat ini diterapkan adalah pengelolaan secara komunal, di mana sampah dikumpulkan di tempat pengumpulan sementara sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir. Strategi pengelolaan sampah yang direkomendasikan menggunakan pendekatan S-O, yaitu memperkuat kekuatan untuk mendapatkan peluang dalam pengelolaan sampah. Hal ini dilakukan dengan memperkuat dukungan dari Perusahaan dalam pengelolaan sampah rumah tangga melalui kemitraan strategis, kampanye penyuluhan dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, serta memanfaatkan dukungan pemerintah melalui kerjasama yang kuat dan program atau insentif yang disediakan dalam bidang pengelolaan sampah. Selain itu, kerja sama dengan perusahaan daur ulang sampah juga dapat membantu mengoptimalkan pengolahan sampah rumah tangga menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Author Biographies

Robbi Santoso, universitas baturaja

Program Studi Teknik Lingkungan

Setiatriarini Tirtaweningtias, universitas baturaja

Program Studi Teknik Lingkungan

Lulu Destiana Purwita, universitas baturaja

Program Studi Teknik Lingkungan

References

Anonim. (2008). Undang – undang Republik Indonesia No.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Jakarta.

Anonim. (2002) Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan (SNI 19-2454 2002), Jakarta. Di akses di http://ciptakarya.pu.go.id.

Listautin. (2012). Pengaruh Lingkungan tempat Pembuangan Akhir Sampah Tesis Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan.

Apas, I. (2015). Analisis Sistem Transportasi Angkutan Sampah Kota Meulaboh, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar, Aceh.

Kusnoputranto, Susanna. (2000). Kesehatan Lingkungan, Diakses pada http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id:80/index.php?p=show_detail&id=1268 tanggal 26 Agustus 2022

Purnama, Ciptomulyono. (2011). Model Optimasi Alokasi Pengelolaan Sampah dengan Pendekatan Inexact Fuzzy Linear Programming, Malang.

Sulistyorini, L. (2005). Pengelolaan Sampah dengan Cara Menjadikannya Kompos, Jurnal Kesehatan Lingkunga Vol.2, Bagian Kesehatan Lingkungan FKM Universitas Airlanga, Surabaya.

Setiawan, R,P. (2015). Pengelolaan Sampah, Materi Pengelolaan Sampah Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Yudianto, Yudistira, Tania. (2019). Pengelolaan Sampah, Pengabdian Pendampingan di Kota Metro, Lampung Tengah.

Sayuti. (2013) Permasalahan Sampah dan Solusinya, Evaluasi dan Pelaporan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Banten.

Jenis Sampah berdasarkan sifat, jenis dan bentuknya. Diakses di https://www.merdeka.com/trending/11-jenis-jenis-sampah-berdasarkan-sifat-bentuk-dan-sumbernya-kln.html pada tanggal 4 Agustus 2022.

Jenis Sampah Berdasarkan Sifat, Bentuk dan Sumbernya yang Perlu Diketahui. Diakses di https://plus.kapanlagi.com/12-jenis-sampah-berdasarkan-sifat-bentuk-dan-sumbernya-yang-perlu-diketahui-48afd7.html pada tanggal 28 Agustus 2022

Pengertian dan Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik. Diakses di https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengertian-dan-pengelolaan-sampah-organik-dan-anorganik-13 pada tanggal 3 September 2022.

Sulistyorini, L. (2005). Pengelolaan Sampah dengan Cara Menjadikannya Kompos, Jurnal Kesehatan Lingkunga Vol.2, Bagian Kesehatan Lingkungan FKM Universitas Airlanga, Surabaya.
Abshoor, Ulil, (2022). Perencanaan Pengelolaan Sampah Terpadu Di Kecamatan Pasir Penyu, Universitas Islam Riau

Arda Mutia, Andriany Dewi, Manurung,. (2020). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kota Medan, Rosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Medan.
UNBARA ENVIRONMENTAL ENGINERING JOURNAL
Published
2024-02-09