ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PERILAKU MASYARAKAT MEMBUANG SAMPAH DI SUNGAI MUSI (STUDI KASUS KELURAHAN 10 ULU)

Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Jln. Jendral Ahmad Yani 13 Ulu seberang ulu II Plaju Kota Palembang 30263

Keywords: Lingkungan, Sungai Musi, Pola Prilaku, Masyarakat

Abstract

Penelitian berjudul analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pola prilaku masyarakat membuang sampah di sungai Musi (studi kasus masyarakat 10 ulu) bertujuan untuk mengetahui apasaja yang menjadi faktor masyarakat membuang sampah di sungai musi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sehingga data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan pembagian angket berisikan jawaban ya/tidak untuk mengetahui faktor-faktor yang membuat masyarakat 10 ulu membuang sampah di sungai Musi. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat pendidikan masyarakat 10 ulu 50 % tamat SMP, 26 % tamat SD dan 24 % tamat SMA hal ini yang menjadi salah satu faktor pendidikan, 100 % mengatakan tidak terdapat sarana dari pemerintah  untuk TPA  disekitar pemukiman masyarakat 10 ulu, 80% mengatakan tidak mengetahui dampak membuang sampah di sungai dan bagaimana cara bijak mengolahnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi ialah ketersediaan sarana prasaraa, pemahaman masyarakat tentang cara bijak mengolah sampah.

References

Azwar, A. (2002). Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Mutiara bening.
Hidayat,Mochamad Samsul. 2012.
Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Faktor Lingkungan (Sungai) Dengan Perilaku Buang Air Besar Di Sungai. Stikes Surabaya. Vol. 3. No. 1 Kumar, S., Panda, A. K., & Singh, R. K. (2011). A Review on Tertiary Recycling of High-Density Polyethylene to Fuel, Resources, Conservation and Recycling. Ecological Journal, 55, 893-910.


Kurniawan. (2009). Lingkungan Hidup dan Pencemaran. Bogor : Universitas
Indonesia.

Niniek, W. (2009). Pola Struktur Komunitas Fitoplankton Berdasarkan Kandungan Pigmennya di Pantai Jepara. Jurnal Saintek Perikanan.
4(2):69-75. (Online) (https://Jurnal.fperikanan.Undip. ac.id//index. php/saintek/article/view/920/570
.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Yeanny, S.M., Wahyuningsih, H., Silaban, E. 2015. Keanekaragaman Fitiplankton di Sungai Bingai, Binjai. Jurnal Biologi Sumatra 1 (2): 47-
52.(Online http://jpe-ces .ugm.

ac.id/ojs/index.php/JML/
article/view/498).
Published
2020-07-09