CARA BIJAK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA SMK NEGERI JAKARTA TIMUR

  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Fakultas Manajemen dan Fakultas Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Keywords: Informasi, Bijak, Media Sosial, Internet

Abstract

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial adalah terhubung dengan orang lain tanpa kendala jarak dan waktu. Kecepatan pertukaran informasi ini memungkinkan beberapa informasi yang beredar di media sosial tidak tersaring dengan baik dan diragukan kredibilitasnya. Tujuan diadakan pengabdian masyarakat untuk memberikan pemahaman/keterampilan terkait literasi media para siswa akan penggunaan media internet guna mengurangi efek buruk penggunaan media sosial berupa informasi yang mengandung hal-hal yang negatif seperti konsumerisme, budaya kekerasan. Siswa diajak melihat peluang usaha dalam bermedsos. Kegiatan dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta berjalan dengan lancar dengan harapan yaitu guru–guru dan siswa  SMK Negeri Jakarta Timur dapat mempraktekkan materi yang telah disampaikan. Guru dan siswa SMK Negeri Jakarta Timur sadar akan pentingnya perubahan teknologi bermedia sosial, hal ini dibuktikan dengan antusiasme pertanyaan siswa pada saat acara berlangsung 

References

Ahmad, N. S., dan Aman, R. C. (2009). Ekspresi emosi dan cara remaja mengawal emosi : satu kajian rintis. Jurnal Psikologi Malaysia, 23, 39–47.

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Komunikasi, 3(2), 1–16.

Bothma dan Penzhorn, C. (2013). Navigating Information Literacy : Your Information Society Survival Toolkit. Cape Town, Pearson Education South Africa.

Sanjaya, M. D., Nilawijaya, R., & Erwanto, E. (2021). Strategi Dan Model Pengembangan Bahan Ajar Bagi Calon Guru Di Era Pandemi Covid 19 Pbsi Fkip Universitas Baturaja. Jurnal INDONESIA RAYA (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, Kesehatan, Ekonomi dan Umum), 2(1), 1-5.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Kusuma, A. B. (2020). PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAGI GURU MTS SATU ATAP OKU. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (ABDIMAS) UNIVERSITAS BATURAJA, 1(1), 11-17.

Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Gustam, R. R. (2015). Karakteristik media sosial dalam membentuk budaya populer korean pop di kalangan komunitas samarindan dan balikpapan. eJournal Ilmu Komunikasi, 2, 3

Puntoadi. 2011. Strategi Menggunakan Media Sosial, Cetakan I, Malang: Averroes Press
Published
2021-12-04