PELATIHAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MINUMAN MANGGA DENGAN PEMASARAN BERBASIS E-COMMERCE DI DESA KARANG ENDAH

  • Novie Al Muhariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
  • Andri Irawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
  • Novegya Ratih Primandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
  • Ali Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
  • Dahlia Dahlia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
  • Maulana Hadi Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
  • Ajeng Herlita Sandy Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja
Keywords: E-commerce, Mango, Product Marketing

Abstract

Economic problems are inseparable from the social life of society. Innovative and developmental ideas are needed to improve the economy, especially in building micro and macro businesses. In Karang Endah Village, mangoes are not further processed before being marketed so that their selling value cannot increase. In addition, Karang Endah villagers also lack understanding of the use of social media as an e-commerce platform to market their products. Therefore, residents in Karang Endah Village and Baturaja University made a business idea, namely the development of mango fruit products into contemporary products (Manggo Sago) with e-commerce-based marketing in Karang Endah Village, Lengkiti District to develop village potential for economic activities and the results turned out that mango fruit can be a product that can be used as an attractive business with a higher selling price compared to mango fruit before processing, this business is also easier with e-commerce-based marketing using several media such as Instagram, Facebook, Shopee, Youtube and others.

Author Biographies

Novie Al Muhariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Andri Irawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Novegya Ratih Primandari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Ali Akbar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Dahlia Dahlia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Program Studi Manajemen

Maulana Hadi Kusuma, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Program Studi Manajemen

Ajeng Herlita Sandy, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Baturaja

Mahasiswi Program Studi Manajemen

References

Akbar, M. A. 2020. E-commerce (Dasar Teori Dalam Bisnis Digital). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ashari, Sumeru. 2017. Mangga (Dulu, Kini Dan Esok). Malang: UB Press.

Hadiwijaya, and Darmawi. Febrianty. 2019. Pendampingan Komunitas UMKM Batu Bata Melalui Penggunaan Aplikasi Perhitungan Stock Berbasis E-commerce Di Desa Pasir Putih Ujung Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2):262–70.

Kasmi. 2017. Penerapan E-commerce Berbasis Business to Consumers Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual Stie Trisna Negara 15(2):109–12.

Nilasari, A, N. JB. 2013. Identifikasi Keragaman Morfologi Daun Mangga (Mangifera Indica L.) Pada Tanaman Hasil Persilangan Antara Varietas Arum Manis 143 Dengan Podang Urang Umur 2 Tahun. Jurnal Produksi Tanaman 1(1):61–69.

Novia, C. 2015. Diversifikasi Mangga Off Grade Menjadi Selai Dan Dodol. Teknologi Pangan: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian 6(2):76–79.

Paramitha, M., Muhlisin, S., Palawa, I. 2018. Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat. 4(1): 19-30.

Pracaya. 2011. Bertanam Mangga. Bogor: Penebar Swadaya.

Sa’diyah, Khotimatus. 2020. Pemanfaatan Web E-commerce Uuntuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Jurnal Abdimas 1(2):99–109.

Sugiyanto, Karima. 2017. Peningkatan Keterampilan Pembuatan Desain Kemasan Serta Pemanfaatan Media Promosi Dan Pemasaran Online Pada Kube Ash-Shidiqqy Dan Pik Abdussalam Jepara. Techno.COM 16(1):9–16.

Zen, Z. 2017. “Pelatihan Desain Kemasan Produk UMKM Di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.” Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri 1(2):12–15.
Published
2024-06-29