PEMBUATAN VIDEO ANIMASI OLEH GURU-GURU MI MUHAMMADIYAH 09 LABUHAN SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Guru-guru MI Muhammadiyah 09 Labuhan mempunyai permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran matematika baik sebelum maupun di masa pandemi Covid-19, yaitu guru belum menggunakan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran dalam jaringan, minat belajar matematika siswa rendah, dan hasil belajar matematika belum optimal. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah guru lebih sering menggunakan metode penugasan dan media yang digunakan belum dapat menarik minat belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukan program pengabdian dalam bentuk rangkaian pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika berupa video animasi yang meliputi, pembuatan alur cerita, pembuatan karakter animasi, pembuatan video animasi, pengisian suara karakter animasi, pengunggahan video animasi ke youtube, dan implementasi kepada siswa. Setelah dilakukan program pengabdian dapat menjadikan guru lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran, guru mampu menggunakan beberapa aplikasi komputer dan mengelola channel youtube. Selain itu, siswa merasa senang dan tertarik mengikuti proses pembelajaran matematika.
References
Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: students’ perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.33902/JPSP.2020261309
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran animasi powtoon pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Hadi, S. (2017). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96–102). Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/849/521
Hermoyo, R. P., & Mursyidah, H. (2020). What are the information and communication technology abalities that the Indonesian language teachers candidates need toward a new normal era? In K. A. P. Dewi PF (Ed.), New Normal : Idealism and Implementation in Indonesia and the Philippines (pp. 200–213). Denpasar: Jayapangus Press. Retrieved from http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/JPB/issue/view/34
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan video animasi “bang dasi” berbasis aplikasi camtasia pada materi bangun datar kelas V sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan e-learning di era revolusi industri 4.0 untuk menekan penyebaran covid-19. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847
Mailizar, Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary school mathematics teachers’ views on e-learning implementation barriers during the COVID-19 pandemic: The case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1860. https://doi.org/10.29333/ejmste/8240
Mursyidah, H., Hermoyo, R. P., & Suwaibah, D. (2021). Does flipped learning method via MOODLE can improve outcomes and motivation of discrete mathematics learning during COVID-19 pandemic? In 5th PROFUNEDU (ALPTK-PTM) 2020 (pp. 1–10). Surakarta: IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012007
PDM Kabupaten Lamongan. (1997). Daftar SD/MI Muhammadiyah se daerah Lamongan. Retrieved March 20, 2021, from http://lamongan.muhammadiyah.or.id/content-15-sdet-pendidikan.html
Rochimah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Utami, N. I., Kurnia, I., Octafiana, L., & Mursyidah, H. (2018). Engklek geometri: upaya pelestarian permainan tradisional melalui proses pembelajaran matematika di SMP muhammadiyah 4 Surabaya. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 12–18.